Tautan-tautan Akses

G-8 Hampir Capai Konsensus Cegah Resesi Global


Presiden Barack Obama, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan PM Kanada Stephen Harper dalam KTT G-8 di Muskoka, Kanada Jumat 25 Juni 2010.

Presiden Barack Obama, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan PM Kanada Stephen Harper dalam KTT G-8 di Muskoka, Kanada Jumat 25 Juni 2010.

Para pemimpin G-8 memulai pembicaraan hari Jumat di Muskoka, Kanada, di sebelah utara Toronto.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan para pemimpin dari negara-negara industri utama di dunia lebih dekat mencapai konsensus mengenai cara mencegah ekonomi global terperosok kembali ke dalam resesi.

Para pemimpin dari Kelompok Delapan (G-8), termasuk Presiden AS Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, memulai pembicaraan hari Jumat di Muskoka, Kanada, di sebelah utara Toronto.

Presiden Obama telah mendesak negara-negara untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, sementara para pemimpin Eropa telah memusatkan perhatian pada tanggung-jawab keuangan. Para pejabat Amerika mengatakan walaupun dengan adanya perbedaan itu, pembicaraan itu menghasilkan “titik temu pandangan.”

Pembicaraan mengenai ekonomi global akan dilanjutkan hari Sabtu, ketika para pemimpin dari G-8 dan negara-negara dengan perekonomian yang berkembang pesat di dunia bertemu dalam KTT G-20 di Toronto.

Sementara itu, para pejabat mengatakan keprihatinan keamanan, termasuk Iran dan Korea Utara, diperkirakan akan mendominasi babak kedua pembicaraan oleh para pemimpin G-8, juga hari Sabtu.


XS
SM
MD
LG