Tautan-tautan Akses

Froome dari Inggris Pimpin Etape 8 Tour de France


Para biarawati memberi semangat para pembalap sepeda Tour de France saat mereka melewati Cagnes-Sur-Mer menuju Marseille (3/7).

Para biarawati memberi semangat para pembalap sepeda Tour de France saat mereka melewati Cagnes-Sur-Mer menuju Marseille (3/7).

Pembalap sepeda Inggris Chris Froome memimpin dalam etape delapan kejuaraan Tour de France.

Atlet balap sepeda Inggris, Chris Froome menggunakan tahap pendakian berat pertama untuk memimpin balapan sepeda Tour de France Sabtu (6/7).

Ia meninggalkan Alberto Contador yang dua kali juara bersama saingan lain di belakang dalam pendakian yang berat dan sulit di pegunungan Pyrani dan merebut kaus kuning dengan kemenangan gemilang pada etape delapan itu.

Froome menjadi favorit Tour de France tahun ini setelah tahun lalu menduduki tempat kedua di belakang pembalap senegara dan satu tim Sky, Bradley Wiggins. Wiggins tidak mempertahankan gelarnya karena cedera.

Setelah kemenangannya Sabtu, Froome mengatakan ia adalah orang yang paling bahagia di dunia sekarang ini, namun jalan yang harus ditempuh menuju Paris masih panjang. Masih dua minggu lagi, katanya, tetapi ia bertekad akan mempertahankan kaus kuning tersebut.

Froome hampir 2 menit mendahului Contador, dengan bekas juara Andy Schleck dan Cadel Evans jauh di belakang sebelum memasuki satu pendakian lagi hari Minggu. Dalam catatan keseluruhan, Froome 51 detik di depan pembalap satu team Richie Porte dan 1 menit 25 detik di depan pemenang ke-2 Alejandro Valverde.

Ini adalah edisi ke-100 Tour de France, dan yang pertama sejak Lance Armstrong dilucuti dari tujuh titel yang direbutnya dari 1999 sampai 2005 karena doping. Setelah etape Sabtu, Froome ditanya apakah ia membalap dalam kondisi bersih artinya tanpa doping, ia menjawab ia 100 persen bersih.
XS
SM
MD
LG