Tautan-tautan Akses

Fron Nusra: Fokus pada Suriah, Bukan Pada Serangan-serangan Barat


Anggota Fron Nusra tengah berpatroli di sebuah pos penjagaan di Idlib (Foto: dok).

Anggota Fron Nusra tengah berpatroli di sebuah pos penjagaan di Idlib (Foto: dok).

Pemimpin al-Qaida cabang Suriah mengatakan kelompok itu lebih fokus untuk mengalahkan Presiden Bashar al-Assad daripada melancarkan serangan terhadap negara-negara Barat.

Dalam wawancara hari Rabu (28/5) dengan Al Jazeera, pemimpin Fron Nusra, Abu Muhammad al-Golani mengatakan, tidak akan lama lagi pemerintahan Assad akan jatuh. Dia juga mengeritik kelompok militan Lebanon, Hizbullah, yang telah mengirimkan pejuang untuk memperkuat pasukan Suriah, mengatakan, kelompok militan itu "tahu nasib mereka" dengan bergabung dengan Assad.

Dia telah memperingatkan golongan Alawi di Suriah, sekte minoritas presiden itu, bahwa mereka harus meninggalkan keyakinan mereka dan mengenyahkan Assad, demi keselamatan mereka.

Al-Golani juga membantah adanya kelompok Khorasan, dengan mengatakan, apa yang diduga adanya kelompok khusus dalam Fron Nusra itu hanyalah sebuah nama ciptaan AS.

Departemen Pertahanan AS mengungkapkan kelompok Khorasan merencanakan serangan terhadap negara-negara Barat dan bahwa beberapa serangan udara koalisi pimpinan AS di Suriah telah menarget anggota-anggotanya.

XS
SM
MD
LG