Tautan-tautan Akses

Francois Hollande Dilantik Sebagai Presiden Perancis


Mantan Presiden Nicolas Sarkozy (dua dari kiri) berjabat tangan dengan presiden baru Francois Hollande (kanan) di akhir upacara pelantikan presiden Perancis di Istana Elysee di Paris (15/5).

Mantan Presiden Nicolas Sarkozy (dua dari kiri) berjabat tangan dengan presiden baru Francois Hollande (kanan) di akhir upacara pelantikan presiden Perancis di Istana Elysee di Paris (15/5).

Francois Hollande dilantik Selasa sebagai presiden baru Perancis dalam upacara pagi yang sederhana di Istana Elysee, Paris.

Beberapa jam sebelum pelantikan, Hollande disambut di Istana Elysee oleh presiden yang akan mundur Nicolas Sarkozy, yang dikalahkan Hollande bulan lalu. Hollande adalah Sosialis pertama yang menjadi presiden Perancis sejak Francois Mitterrand meninggalkan jabatan itu pada tahun 1995.

Dalam pidato pelantikan yang disiarkan televisi secara nasional, presiden baru itu mengatakan ia siap membuka jalan baru bagi bangsanya dan Eropa, dengan penekanan baru pada pertumbuhan, keadilan dan demokrasi sosial.

Hollande akan berangkat ke Jerman Selasa malam untuk pertemuan pertama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel guna membahas krisis utang negara-negara Eropa. Presiden baru Perancis itu diduga akan mendesakkan negosiasi ulang perjanjian zona euro baru-baru ini yang memberlakukan penghematan anggaran di antara negara-negara anggotanya. Hollande menyerukan penekanan lebih besar pada pertumbuhan, tetapi pemimpin Jerman mengatakan pakta tersebut adalah tidak dapat dirundingkan.

Pertemuan bilateral itu berlangsung di tengah berita bahwa ekonomi zona euro mencatat pertumbuhan nol dalam tiga bulan pertama 2012 dan menghindari resesi. Para ahli telah meramalkan perekonomian di zona beranggota 17 negara itu akan menyusut sebesar 0,3 persen untuk kuartal pertama.

Setelah dilantik, Hollande menunjuk Jean-Marc Ayrault, pemimpin parlemen dari Partai Sosialis, sebagai perdana menteri. Ayrault akan menunjuk anggota kabinetnya hari Rabu.
XS
SM
MD
LG