Tautan-tautan Akses

AS

DPR Amerika Hentikan Pendanaan bagi Organisasi Nirlaba Planned Parenthood


Beberapa Senator AS dari Partai Republik yang menentang pendanaan pemerintah terhadap Planned Parenthood, berbicara di Gedung Capitol di Washington Juli lalu (foto: dok).

Beberapa Senator AS dari Partai Republik yang menentang pendanaan pemerintah terhadap Planned Parenthood, berbicara di Gedung Capitol di Washington Juli lalu (foto: dok).

Para penentang aborsi mengatakan video menunjukkan Planned Parenthood secara ilegal memperoleh laba dari penjualan jaringan janin.

Fraksi Republik dalam DPR Amerika telah meloloskan rancangan yang hendak mengakhiri pendanaan pemerintah bagi organisasi nirlaba Planned Parenthood selama satu tahun. Hasil pemungutan suara 241 lawan 187 hari Jumat itu terbagi menurut garis partai.

Rancangan tersebut diperkirakan tidak akan lolos dalam Senat, dan Presiden Barack Obama telah mengatakan ia akan mem-veto setiap rancangan yang menghentikan pendanaan bagi organisasi keluarga berencana itu.

Rancangan tersebut dipicu oleh sebuah video yang direkam secara rahasia yang menunjukkan pengurus Planned Parenthood membicarakan penjualan jaringan atau sel janin yang digugurkan untuk penelitian medis.

Para penentang aborsi mengatakan video itu menunjukkan Planned Parenthood secara ilegal memperoleh laba dari penjualan jaringan janin itu. Organisasi tersebut mengatakan tindakan mereka tidak melanggar hukum dan video itu di-edit untuk mengelabui.

Dana tahunan federal sebesar $450 juta untuk organisasi itu, atau sepertiga dari anggarannya, merupakan pembayaran Medicaid untuk pasien yang berpenghasilan rendah dan dana federal tidak dapat digunakan untuk aborsi. (as/pp-eis)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG