Tautan-tautan Akses

AS

Fraksi Demokrat Ubah Aturan di Senat soal Nominasi Pejabat AS


Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid selama ini mengeluh kemacetan yang dipicu fraksi Republik telah mencegah Senat AS berfungsi (foto: dok).

Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid selama ini mengeluh kemacetan yang dipicu fraksi Republik telah mencegah Senat AS berfungsi (foto: dok).

Partai Demokrat di Senat AS hari Kamis (21/11) telah melucuti kemampuan Partai Republik untuk bisa memblokir nominasi pejabat yang dicalonkan oleh Presiden Obama.

Dalam suatu perubahan aturan yang bersejarah, Senat Amerika yang dikuasai Partai Demokrat telah melucuti kemampuan Partai Republik untuk memblokir para calon pejabat yudikatif dan eksekutif yang dicalonkan oleh Presiden Barack Obama.

Dalam hasil voting berdasarkan partai, fraksi Demokrat mengubah keseimbangan kekuatan Senat dengan mengurangi dari 60 menjadi 51 jumlah suara yang dibutuhkan di Senat beranggota 100 itu untuk mengakhiri hambatan prosedural yang dikenal sebagai filibuster atau taktik mengulur-ulur waktu.

Aturan baru itu berlaku hanya untuk filibuster terkait para calon usulan presiden untuk jabatan pemerintah, kecuali untuk Mahkamah Agung Amerika.

Voting itu memuluskan jalan bagi persetujuan Senat atas tiga orang yang dicalonkan oleh Presiden Obama untuk pengadilan federal. Tetapi tidak jelas seberapa lama waktu diperlukan bagi ketiga calon itu untuk lolos dari beberapa rintangan prosedural terakhir.

Setelah pemungutan suara itu, Presiden Obama mengatakan kepada para wartawan ia mendukung langkah oleh partainya itu. Dia mengatakan “pola gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya” di Kongres telah membuat warga Amerika lebih frustrasi dengan Washington.

Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid selama ini mengeluh kemacetan yang ditimbulkan oleh fraksi Republik telah mencegah Senat berfungsi.

Tetapi Pemimpin Minoritas Mitch McConnell mengatakan fraksi Demokrat menggunakan permainan kekuasaan untuk mengalihkan perhatian para pemilih dari undang-undang asuransi kesehatan yang bermasalah itu.
XS
SM
MD
LG