Tautan-tautan Akses

Fotografer Jepang Tuntut Pemerintah Kembalikan Paspornya


Juru bicara utama pemerintah Jepang, Yoshihide Suga (Foto: dok).

Juru bicara utama pemerintah Jepang, Yoshihide Suga (Foto: dok).

Juru bicara utama pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, membela tindakan tersebut mengingat risiko yang ada di Suriah dan tanggung jawab pemerintah untuk melindungi rakyatnya.

Fotografer Jepang, Yuichi Sugimoto, mengatakan, dia dipaksa menyerahkan paspornya karena berencana melakukan perjalanan jurnalistik ke Suriah, mengeluhkan bahwa penyitaan itu merupakan pelanggaran terhadap hak konstitusionalnya untuk bepergian menjalankan kebebasan persnya, yang sekaligus merampas haknya untuk bekerja.

Sugimoto, umur 58 tahun, Kamis (12/2), mengatakan beberapa pejabat Kementerian Luar Negeri dan polisi mengunjungi rumahnya hari Sabtu di Niigata, Jepang utara, dengan menyebutkan resiko rencana perjalanannya yang telah diterbitkan di media setempat. Sugimoto menceritakan, karena takut ditangkap, dia menyerahkan paspornya itu.

Juru bicara utama pemerintah, Yoshihide Suga, membela tindakan tersebut, kasus pertama semacam itu di bawah undang-undang perpasporan, mengingat risiko yang ada di Suriah dan tanggung jawab pemerintah untuk melindungi rakyatnya.

Jepang masih dalam keadaan trauma dari krisis sandera belum lama ini, di mana dua warga Jepang dikabarkan dipenggal kepala mereka oleh anggota militan.

XS
SM
MD
LG