Tautan-tautan Akses

Forum Keamanan Asia Bahas Serangan Cyber dan Laut China Selatan


Kapal-kapal nelayan Vietnam dekat pulau Da Tay di kepulauan Spratly yang dipersengketakan dengan China. (Foto: Dok)

Kapal-kapal nelayan Vietnam dekat pulau Da Tay di kepulauan Spratly yang dipersengketakan dengan China. (Foto: Dok)

Forum Keamanan Asia akan membahas keamanan dunia maya, sengketa wilayah maritim dan program nuklir Korea Utara.

Pejabat-pejabat pertahanan kawasan Asia Pasifik memulai forum keamanan tahunan dengan pembicaraan yang difokuskan pada keamanan dunia maya atau cyber, sengketa wilayah maritim dan program nuklir Korea Utara.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan ia akan membahas keamanan dunia maya Sabtu (1/6) dalam sambutan pada Dialog Keamanan Shangri-La di Singapura. Kepada wartawan dalam pesawat menuju Singapura, Hagel mengatakan, isu itu juga mungkin akan dibahas dalam pertemuan singkat dengan delegasi China di sela-sela konferensi tersebut.

Laporan Amerika baru-baru ini menyebutkan, para peretas komputer China mencuri data puluhan program senjata dan teknologi pertahanan lain dari Pentagon.

Sementara itu, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung dalam pidato Jumat mengatakan negara-negara Asia Tenggara harus bersatu mengenai masalah Laut Cina Selatan yang kaya minyak. Ia mengatakan setiap konflik bisa mengganggu perekonomian kawasan itu dan ia mendesak semua negara menyepakati kode perilaku.

China mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan, yang mungkin kaya minyak dan gas alam. Bagian-bagian laut itu juga diklaim Taiwan, Filipina, Brunei, Malaysia, serta Vietnam, dan perselisihan teritorial di perairan itu menjadi hal yang biasa.
XS
SM
MD
LG