Tautan-tautan Akses

Forum 'E-G8' Bahas Peran Internet dalam Dorong Perubahan

  • Lisa Bryant

Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy berbicara pada Forum E-G8 di Paris, Selasa (24/5).

Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy berbicara pada Forum E-G8 di Paris, Selasa (24/5).

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menciptakan forum "E-G8" untuk membahas peran internet dalam mengubah politik, ekonomi dan pelayanan sosial.

Presiden Nicolas Sarkozy berbicara di muka tokoh-tokoh penting dunia digital yang berkumpul di Paris guna menghadiri forum “E-G8” yang pertama kali. Forum yang diciptakan Presiden Perancis itu berlangsung dua hari untuk membahas peran internet dalam mengubah politik, ekonomi dan pelayanan sosial, dan apakah internet perlu diatur dalam hukum atau tidak.

Presiden Sarkozy menyebut internet sebagai revolusi yang telah mengubah banyak hal termasuk mendorong aksi-aksi protes yang sedang berlangsung di dunia Arab.

Presiden Sarkozy mengatakan revolusi di Tunisia dan Mesir telah mengejutkan banyak pihak dan membantu mengubah kebijakan luar negeri. Ia mengatakan aksi-aksi protes itu mendorong keputusan Perancis untuk terlibat di Pantai Gading dan Libya.

Presiden Perancis itu tak hanya memuji peran internet dalam memberdayakan orang-orang dan perekonomian tetapi ia juga membahas pentingnya tanggung jawab mengenai pembajakan hak cipta dan pornografi anak. Apakah internet akan diatur secara hukum akan menjadi perdebatan hangat karena Tiongkok dan Korea Utara yang menyensor internet dan negara lain seperti Perancis mendorong perlindungan hak cipta dan peraturan lainnya.

Ke-1500 delegasi yang menghadiri forum di Paris itu termasuk kepala-kepala perusahaan Google, E-Bay dan media sosial Facebook.

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde menyebutkan internet tidak hanya meningkatkan perekonomian negara maju tetapi juga negara berkembang lewat transfer uang melalui internet. Ia mengatakan, “Kalau kita melihat jumlah dan volume pengiriman uang ke Afrika, jumlahnya lebih besar dari bantuan pembangunan yang diberikan ke berbagai organisasi, berbagai pemerintah dan perusahaan-perusahaan di Afrika. Jadi jumlahnya besar sekali.”

Pengusaha besar telekomunikasi India, Sunil Bharti Mittal berbicara tentang peran ponsel dalam memberi layanan kesehatan di negara-negara miskin. Ia mengatakan, “Program M-health, atau Mobile-health, sangat menarik di negara seperti India. Pelayanan kesehatan di pedesaan benar-benar tak memadai saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan lewat ponsel untuk membantu penduduk yang banyak tersebut.”

Akhir minggu ini, para pemimpin forum internet itu diperkirakan akan bertemu para kepala-kepala negara yang menghadiri KTT G-8 di kota Deauville di Perancis yang diharapkan Presiden Sarkozy akan menjadi awal dialog penting bagi kedua kelompok tersebut.

XS
SM
MD
LG