Tautan-tautan Akses

Ford Siap Produksi Kembali Lincoln Continental


Lincoln Continental dipamerkan di North American International Auto Show, Selasa, 12 Januari 2016 di Detroit.

Lincoln Continental dipamerkan di North American International Auto Show, Selasa, 12 Januari 2016 di Detroit.

Mobil Lincoln Continental pernah jaya di masa lalu. Dan kini di masa depan.

Sedan Lincoln Continental terbaru dipamerkan hari Selasa (12/1) di North American International Auto Show. Sedan ini akan dijual di Amerika dan China mulai musim gugur nanti.

Sebagian besar dari sejarah Lincoln selama 99 tahun, sedan jenis Continental merupakan mobil paling mewah, biasanya dipergunakan para raja dan presiden. Mobil ini diproduksi tahun 1938 ketika putra Henry Ford, Edsel, meminta beberapa perancang untuk membuat mobil terbuka yang bisa dikendarainya ketika ia berlibur di Palm Beach. Saking gembiranya dengan reaksi dari teman-temannya, Edsel menjadikan mobil jenis Continental ini sebagai bagian dari merk mobil mewah Lincoln, buatan Ford Motor Company.

Tetapi tahun 1990an Ford mengalami kemunduran. Ford membeli mobil-mobil mewah merek lain seperti Jaguar dan Aston Martin, dan meremehkan perkembangan kompetisi dari mobil-mobil mewah buatan Jepang dan Jerman. Lincoln berhenti memproduksi Continental tahun 2002 sehingga bisa memusatkan perhatian pada model yang lebih baru, the LS. Akhirnya, Ford melepaskan mobil-mobil mewah lainnya, tetapi penjualan Lincoln terus anjlok.

Lincoln menggiatkan kembali produksi Continental sebagai bagian dari upaya kembali ke pasar dalam beberapa tahun ini, dilengkapi anggaran multi-milyar dolar. Continental juga menyasarkan konsumen China yang menghargai nilai historis merk-merk Amerika. Lincoln memperkirakan akan menjual sekitar 60% mobil jenis Continental di China, dan jumlah penyalur direncanakan akan dilipatgandakan menjadi 60 pada akhir tahun ini. Continental akan diproduksi di Michigan.

Penjualan Continental tampaknya akan dibatasi di Amerika. Penjualan sedan berskala besar anjlok sejak mobil-mobil berukuran menengah seperti Lincoln MKZ diproduksi berukuran lebih besar dan lebih mewah, sementara mobil SUV baru yang kecil seperti Lincoln MKC memikat pembeli. Harga mobil Lincoln Continental ini belum diumumkan tetapi Continental tampaknya akan dijual mulai dari 50 ribu dolar. [em/jm]

XS
SM
MD
LG