Tautan-tautan Akses

AS

Ford Focus Mobil Terlaris di Dunia


Presiden dan CEO Ford, Alan Mulally, berdiri dekat sebuah mobil Ford Focus dalam pameran otomotif di Detroit Januari 2013. (AP/Carlos Osorio)

Presiden dan CEO Ford, Alan Mulally, berdiri dekat sebuah mobil Ford Focus dalam pameran otomotif di Detroit Januari 2013. (AP/Carlos Osorio)

Penjualan sedan Ford Focus mencapai 1.020.410 di seluruh dunia, membuatnya sebagai mobil terlaris.

Ford Focus menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di dunia tahun lalu, menurut data yang dirilis Selasa (9/4) oleh lembaga pelacak penjualan R.L. Polk & Co.

Penjualan sedan kecil itu mencapai 1.020.410 di seluruh dunia, dengan China sebagai pasar utama di belakang keberhasilan produk tersebut. Toyota Corolla merupakan mobil kedua terlaris, dengan penjualan mencapai 872.774, dan truk Ford F-Series ada di peringkat ketiga dengan 785.630 unit terjual.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Ford, penjualan di China mencapai 51 persen tahun lalu, atau lebih dari satu dari empat kendaraan Focus di pasar global terjual di negara itu.

"Sejak peluncurannya di China akhir Maret tahun lalu, penjualan Focus terus menguat, dan sekarang mobil itu merupakan mobil penumpang terlaris di China pada 2012 untuk pertama kalinya," ujar Jim Farley, wakil presiden eksekutif Ford.

“Dengan penambahan kapasitas manufaktur tahun lalu, sekarang kami memiliki kesempatan besar untuk terus memperkuat penjualan mobil kecil secara global pada 2013, dengan penjualan yang sudah sangat kuat pada awal tahun ini."

Mobil Ford Fiesta juga merupakan mobil sub-compact terlaris di dunia, terjual 723.130 tahun lalu.

Keberhasilan Focus juga menunjukkan perubahan di pasar mobil AS, dengan penjualan di negara itu meningkat 40 persen, menurut Ford.

Erich Merkle, analis penjualan di Ford, mengatakan pada CNN bahwa data tersebut memperlihatkan selera konsumen AS mendekati pasar-pasar internasional.

"AS mengarah pada kendaraan-kendaraan yang lebih kecil seperti Focus dan Escape," ujarnya. "Saya kira belum pernah terjadi sebelumnya dimana pasar AS mirip dengan pasar global." (Reuters)
XS
SM
MD
LG