Tautan-tautan Akses

Ford, Chevy Bidik Konsumen Ramah Lingkungan dengan Mobil Listrik

  • Guga Pardede

Chevy Volt, mobil listrik buatan GM, kini sudah tersedia bagi konsumen Amerika.

Chevy Volt, mobil listrik buatan GM, kini sudah tersedia bagi konsumen Amerika.

Perusahaan otomotif AS, Ford dan Chevy, mengeluarkan mobil listrik generasi baru bagi konsumen yang menginginkan kendaraan ramah linkungan.

Dalam pidato kenegaraannya kepada Kongres Amerika dan rakyat Amerika baru-baru ini, Presiden Obama menantang industri otomotif untuk membuat mobil listrik. Presiden Obama mengatakan dengan melakukan penelitian lebih jauh dan memberi perangsang, Amerika dapat mematahkan ketergantungan pada minyak dan menggantikannya dengan bio fuel atau bahan bakar dari tumbuhan yang bisa diperbaharui kembali atau ramah lingkungan. Presiden menghendaki Amerika menjadi negara yang pertama memiliki satu juta kendaraan bertenaga listrik yang berkeliaran di jalan-jalan sebelum tahun 2015.

Dalam pameran mobil konsep baru di ibukota Amerika, Washington, baru-baru ini, 700 kendaraan dalam negeri dan impor dipamerkan kepada umum, termasuk berbagai model mobil yang “ramah lingkungan” atau apa yang disebut mobil “hijau.” Di antaranya adalah Ford Focus Electric, sebuah model mobil listrik buatan Ford yang akan dipasarkan tahun 2012.

Ron Cogan, redaktur majalah Green Car Journal, mengatakan majalahnya telah memilih mobil tersebut untuk mendapat hadiah istimewa. Cogan memuji pabrik mobil Amerika tersebut atas rancangan ulang model terlarisnya Focus yang menggunakan bensin menjadi model mobil listrik, Ford Focus Battery Electric model. Cogan menjelaskan bahwa sasarannya adalah pemasaran massal mobil listrik, bukan hanya untuk jumlah yang kecil. Ini hanya bisa dicapai dengan meminjam model yang sudah sangat populer seperti Focus. Cogan mengatakan bahwa inilah pendekatan yang paling baik dan Ford benar-benar unggul.

Satu lagi model yang disenangi khalayak ramai dalam pameran itu adalah mobil yang hanya bertenaga listrik, Chevy Volt, yang diperkenalkan General Motors sebagai mobil konsep tahun 2007. Sekarang sudah tersedia untuk dibeli di dealer atau showroom yang semakin banyak, Volt adalah mobil terbaik tahun 2011 majalah Green Car Journal, satu penghormatan yang juga dimenangkannya dalam pameran mobil baru-baru ini di Los Angeles dan Detroit.

Walaupun Volt dapat dicas dengan listrik rumah, mobil tersebut juga mempunyai generator sendiri yang bertenaga bensin yang dapat mengecas baterainya, sehingga jarak tempuh mobil itu tidak terbatas. Kalau dicas dirumah, mobil tersebut dapat mencapai jarak 65 kilometer. Kalau listrik ini habis, generator mobil dengan sendirinya mengecas baterai dan kalau sudah penuh, mobil itu dapat menempuh jarak 480 kilometer dengan menggunakan listrik dari baterainya saja. Ini berarti mobil tersebut akan sangat jarang sekali menggunakan generatornya.

Banyak orang mengira ketika mobil listrik masih baru diciptakan, mobil tersebut tidak akan mampu lari cepat. Ini sama sekali tidak benar. Mobil listrik mampu bersaing dengan mobil balap yang bertenaga bensin.

XS
SM
MD
LG