Tautan-tautan Akses

Fonny Chandra dan Bianca Roesli, Guru Piano di California


Fonny Chandra and Bianca Roesli, piano teachers at Anna Poklewski Academy of Music.

Fonny Chandra and Bianca Roesli, piano teachers at Anna Poklewski Academy of Music.

Ethan, yang sudah 4 tahun belajar piano sejak usia 5 tahun, adalah salah satu dari sekitar 400 murid di “Anna Poklewski Academy of Music,” sekolah piano di Fremont, California.

“Saya suka Nocturne dari Chopin dan juga… karya Debussy. Nadanya mudah, tapi sulit mengekspresikannya,” kata Ethan.

Menurut Bianca Roesli, yang merupakan salah satu pemilik sekaligus pengajar sekolah Anna Poklewski Academy of Music bangga melihat perkembangan Ethan yang telah ia didik sejak kecil.

“Aku sih seneng banget sih, especially yang kayak Ethan gitu ya, kita pupuk dia dari kecil, yang tadinya dia takut-takut. Tapi sejak awal aku udah liat, wah ini anak, musical sekali. Sometimes hubungan kami udah bukan kayak guru dan murid lagi, udah kayak family,” kata Bianca.

Bersama Fonny Chandra, yang juga warga Indonesia asal Jakarta, Bianca mendirikan sekolah musik yang memakai nama guru piano mereka, Anna Poklewski, master piano asal Polandia.

“Bianca sangat menghargai cara saya mengajar dan ia melihat hasilnya. Ketika ia lulus, ia mendatangi saya dan mengajak saya untuk mendirikan sekolah musik karena menurutnya metode saya bagus dan membawa hasil,” kata Anna Poklewski, salah satu pengajar Anna Poklewski Academy of Music.

“Kita percaya dengan cara pengajarannya. Cara dia mengajar anak-anak adalah dengan benar-benar mengajar tekniknya. Dia juga bisa mengajari kami, saya dan Fonny, bagaimana caranya mengajari anak kecil. Jadi itu alasan kami menggunakan namanya, karena kami percaya dengan cara ia mengajar,” kata Bianca.

Fonny dan Bianca yang memperoleh gelar master bidang musik di Amerika ini, mengaku tak mudah mengelola sekolah musik. Namun keduanya beruntung karena dapat merekrut guru-guru yang memiliki satu visi dan metode pengajaran yang sama.

“Bagi kami, visi sekolah musik ini bukan tentang uang, bagi saya, lebih kepada mengajari anak-anak sejak kecil cara bermain piano yang benar,” Bianca menambahkan.

Tak heran kalau banyak murid menyukai metode pengajarannya dan sudah belajar cukup lama, seperti Justine yang serius ingin menekuni piano.

“Saya ingin terus belajar piano, karena sejak mulai belajar dengan miss Fonny, ia menjadi bagian yang penting bagi saya. Ia tidak hanya mengajar, tapi juga memotivasi saya untuk menjadi lebih baik, tidak hanya di bidang musik, tapi juga untuk hal lainnya,” kata Justine.

Menjadi yang terbaik. Inilah yang ingin ditularkan oleh Fonny dan Bianca melalui “Anna Poklewski Academy of Music,” sekolah musik milik keduanya. [dw]

XS
SM
MD
LG