Tautan-tautan Akses

Fokus Baru Qatar: Rekonsiliasi di Afghanistan


Emir Qatar , Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani (foto: dok). Qatar berusaha membantu upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

Emir Qatar , Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani (foto: dok). Qatar berusaha membantu upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

PM Pakistan Yousuf Raza Gilani akan bertemu dengan para pemimpin Qatar membahas usaha-usaha rekonsiliasi di Afghanistan.

Perdana Menteri Pakistan akan menuju Qatar pekan depan untuk membahas cara-cara menciptakan perdamaian di Afghanistan.

Para pejabat Pakistan mengumumkan lawatan ke Emirat di Teluk itu hari Sabtu. Mereka mengatakan Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani akan bertemu dengan para pemimpin Qatar membahas usaha-usaha rekonsiliasi untuk mengakhiri pertempuran antara Pemerintah Afghanistan dan pemberontak Taliban.

Taliban Afghanistan bulan lalu mengumumkan rencananya akan membuka kantor urusan politik di Qatar, sebelum pembicaraan damai yang diperkirakan akan dilakukan dengan Amerika.

Sebuah delegasi Taliban Afghanistan juga telah bertemu dengan para pejabat Amerika di Qatar untuk pembicaraan pendahuluan.

Sebelumnya pekan ini, Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar bertemu Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan mengatakan Islamabad bersedia mendesak pemberontak Afghanistan untuk berdamai, jika diminta melakukan hal itu oleh pemerintah Afghanistan. Ia juga mengatakan, Pakistan tidak punya agenda tersembunyi di Afghanistan.

Pakistan dianggap sebagai pemeran utama dalam proses itu karena hubungannya yang bersejarah dengan Taliban. Banyak pemimpin kelompok pemberontak Afghanistan diyakini bermarkas di Pakistan.

Hari Rabu, Pakistan mengesampingkan laporan NATO yang bocor, yang menuduh dinas intelijen Pakistan, ISI, mendukung Taliban Afghanistan. Laporan rahasia itu disusun dari interogasi terhadap 4.000 anggota Taliban dan al-Qaida yang ditahan.

XS
SM
MD
LG