Tautan-tautan Akses

AS

'Fitch Ratings' Tetap Beri AS Peringkat Kredit Tertinggi


'Fitch Ratings' menegaskan, Amerika masih tetap pantas mendapat peringkat kredit tertinggi di dunia (foto: dok).

'Fitch Ratings' menegaskan, Amerika masih tetap pantas mendapat peringkat kredit tertinggi di dunia (foto: dok).

Perusahaan pemeringkat kredit 'Fitch Ratings' merampungkan kajiannya mengenai peringkat kredit Amerika dan menegaskan lagi Amerika pantas mendapat peringkat tertinggi.

Sebuah perusahaan pemeringkat kredit, Fitch Ratings, memulai kajian itu bulan Oktober dan memperingatkan mereka mungkin menurunkan peringkat kredit Amerika. Namun, Fitch hari Jumat (21/3) mengatakan peringkat Amerika masih “AAA.”

Mereka menambahkan krisis pagu utang Amerika tahun 2011 dan 2013 tampaknya tidak mempengaruhi kemampuan Amerika untuk meminjam uang. Fitch mengatakan keputusan itu juga dipengaruhi defisit perdagangan Amerika yang diperkirakan turun.

Badan pemeringkat kredit lainnya, Standard & Poor’s, menurunkan peringkat Amerika satu level tahun 2011 setelah kebuntuan di Kongres apakah akan menaikkan pagu utang Amerika. Rating S&P masih AA+.

Sementara itu dari pasar mata uang, operator bitcoin Mt. Gox yang bangkrut mengatakan telah menemukan 200.000 unit bitcoin, yang tadinya diperkirakan telah dicuri. Ternyata bitcoin itu ada di dompet elektronik yang sudah tidak terpakai. 650.000 unit bitcoin lainnya masih hilang.

Dalam pernyataan di situsnya hari Kamis, perusahaan berbasis di Tokyo itu mengatakan ke-200.000 bitcoin itu ditemukan pada 7 Maret dalam pemeriksaan sejumlah dompet elektronik format lama. Pemeriksaan itu dilakukan sebagai bagian dari proses hukum kebangkrutan Mt. Gox.

Operator mata uang online itu berhenti beroperasi pada akhir Februari ditengah meluasnya kabar mereka kehabisan likuiditas, yang menambah keraguan tentang kelangsungan bitcoin secara menyeluruh.

Mereka lalu mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan di Tokyo dan mengatakan hampir ke-850.000 unit bitcoin-nya hilang, kemungkinan karena dicuri. Sekitar 750.000 bitcoin itu adalah milik pengguna Mt. Gox.

Dengan nilai tukar saat ini, nilai pasar bitcoin yang telah ditemukan kembali itu sekitar 120 juta dollar.

Bitcoin diperkenalkan tahun 2008 oleh sekelompok programmer dengan menggunakan nama Satoshi Nakamoto, dan sejak saat itu diterimah oleh kalangan pedagangn dunia. Mata uang digital itu tidak mempunyai otorita pusat, dan menggunakan cara yang disebut “public ledger” untuk memverifikasi semua transaksi.
XS
SM
MD
LG