Tautan-tautan Akses

Film Southpaw, Angkat Kehidupan Petinju ke Layar Lebar

  • Penelope Poulou

Film Southpaw (Foto: dok).

Film Southpaw (Foto: dok).

Southpaw, yang dibuat oleh sutradara Antoine Fuqua, jauh berbeda. Film baru ini menyoroti seorang jagoan tinju kelas berat yang harus melawan dirinya sendiri.

Sejak 1930an, Hollywood telah memproduksi lebih dari 150 film tinju dimana tokoh utamanya adalah petinju yang tidak dijagokan namun berhasil mengalahkan lawan yang tangguh atau dimana juaranya kehilangan segalanya karena gaya hidupnya yang asal-asalan.

Southpaw, yang dibuat oleh sutradara Antoine Fuqua, jauh berbeda. Film baru ini menyoroti seorang jagoan tinju kelas berat yang harus melawan dirinya sendiri.

Petinju Billy Hope sedang berada di puncak karirnya ketika hidupnya berubah 180 derajat. Billy dan lawannya bentrok. Suara tembakan terdengar, dan isteri Billy terkapar.


Isterinya, diperankan oleh Rachel McAdams, meninggal dunia. Sejak itu, Billy memasuki dunia yang penuh kegelapan dan kekerasan. Dia kehilangan segalanya, termasuk hak asuh puterinya.

Billy harus meredam kemarahan di dalam maupun luar ring tinju untuk menata hidup dan mendapatkan kembali hak asuh anaknya. Jake Gyllenhaal memberikan penampilan yang terbaik sebagai bekas jagoan yang berupaya menemukan kembali jati dirinya.

“Di balik kemarahan adalah kerentanan, semacam rasa sakit. Menurut saya itulah yang ditunjukkan oleh Billy, yaitu apa yang dia hadapi lewat serangkaian peristiwa yang mengenaskan, tapi dia memetik pelajaran dari pengalaman itu, dan akhirnya dia bisa menjadi laki-laki dan ayah yang sejati,” kata Jake Gyllenhaal, aktor yang memerankan Billy Hope.

Selama lima bulan sebelum dan sesudah syuting, Gyllenhaal latihan bertinju dua kali sehari dengan sutradara Antoine Fuqua.

“Saya melihat dia mulai memiliki ritme sebagai petinju. Saya tidak mau meminta dia melakukan hal yang sulit yang saya sendiri tidak bisa lakukan. Karena itu saya katakan kepada Jake, mari kita lakukan bersama-sama. Kami mengeraskan suara musik, kemudian melakukan perjalanan ini dari awal sampai akhir,” kata Antoine Fuqua.

Southpaw dibuat dengan gaya dokumenter. Adegan-adegan tinjunya dibuat secara close-up dan cepat sehingga terlihat nyata. Penonton seperti bisa merasakan setiap pukulan tinju dan mencium bau darah yang menetes. Akting para pemainnya juga sangat meyakinkan. Young Oona Laurence, yang memerankan puteri Billy, berjiwa dewasa dalam tubuh yang mungil. Dialah yang mendorong perjalanan Billy. Forest Whitaker menjadi pelatih sekaligus penasihat Billy.

Dalam dunia tinju, Southpaw adalah seorang petinju kidal Judul film itu bukan tentang Billy sebagai petinju, tetapi tentang lawan terbesarnya, yaitu dirinya sendiri. Ia harus belajar disiplin dan fokus untuk merebut kembali gelar dan keluarganya. (vm/ii)

XS
SM
MD
LG