Tautan-tautan Akses

Film-film dengan Bintang Ternama Tampil di Festival Film Venesia ke-73 


Sutradara Damien Chazelle saat tampil dalam acara Academy Award di Hollywood, California 22 Februari lalu (foto: dok).

Sutradara Damien Chazelle saat tampil dalam acara Academy Award di Hollywood, California 22 Februari lalu (foto: dok).

Penyelenggara Festival Film Venesia ke-73 Kamis lalu mengungkapkan sederetan film dengan bintang terkenal yang akan tampil, termasuk bintang Hollywood dan sutradara berpengaruh di AS dan dunia.

Festival film tertua di dunia itu akan dibuka pada 31 Agustus dengan karya Damien Chazelle "La La Land", yang dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling. Film musikal komedi romantis ini bercerita tentang seorang pianis jazz yang jatuh cinta pada seorang perempuan yang ingin menjadi aktris di Los Angeles.

Kompetisi untuk hadiah tertinggi diikuti 20 film, termasuk arahan Ana Lily Amirpour "The Bad Batch", sebuah komedi kelam tentang kanibal di gurun Texas, dan film menegangkan garapan desainer busana Tom Ford "Nocturnal Animals," yang menampilkan Jake Gyllenhaal dan Amy Adams.

Sutradara Serbia Emir Kusturica ikut memperebutkan penghargaan Golden Lion dengan film "Na Mlijecnom Putu" atau On the Milky Road, menampilkan dirinya dan Monica Bellucci dalam sebuah cerita yang menggambarkan perang, cinta dan hidup sebagai biarawan yang suka menyendiri.

Film-film lain dalam jajaran utama termasuk karya sutradara Jerman Wim Wenders berjudul "Les Beaux Jours d'Aranjuez", garapan pembuat film Kanada Denis Villeneuve "Arrival", arahan sutradara Belanda Martin Koolhoven "Brimstone" dan karya sutradara Rusia Andrei Konchalovsky dengan judul "Rai" (surga).

Natalie Portman, memerankan Jacqueline Kennedy saat pengambilan gambar film "Jackie" arahan sutradara Pablo Larrain di dekat Gedung Putih, Washington DC (foto: dok).

Natalie Portman, memerankan Jacqueline Kennedy saat pengambilan gambar film "Jackie" arahan sutradara Pablo Larrain di dekat Gedung Putih, Washington DC (foto: dok).

Film biografi arahan Pablo Larrain "Jackie," yang dibintangi Natalie Portman sebagai ibu negara Jacqueline Kennedy setelah pembunuhan suaminya, ditambahkan panitia untuk kompetisi pada menit-menit terakhir.

Pengarah artistik festival itu, Alberto Barbera, mengatakan bahwa film-film tahun ini berbicara tentang tema-tema universal tetapi mengambil pendekatan yang lebih halus dan tidak begitu mengerikan untuk menggambarkan kehidupan sehari-hari, kekerasan dan kemiskinan dibandingkan tahun-tahun lalu.

"Tema-tema besar, pertanyaan filosofis dan eksistensial ... kali ini dibahas para pembuat film dengan menjauh dari brutalnya kenyataan," kata Barbera dalam konferensi pers.

"Jadi tidak ada lagi adegan kehidupan sehari-hari atau tayangan perang sekarang ini, tetapi tema besar masih ada. Ini bukan pelarian dari dunia kontemporer, tapi digunakan sebagai cara untuk merefleksikan dunia sekarang ini dengan cara yang berbeda," tambahnya.

Dua episode pertama dari mini seri TV Paolo Sorrentino yang sangat ditunggu-tunggu "The Young Pope", menampilkan Jude Law sebagai Paus Amerika yang gemar merokok, Pius XIII, akan dipertontonkan di luar ajang kompetisi.

Sebagai sutradara "Hacksaw Ridge," Mel Gibson menggunakan kisah nyata seorang petugas medis militer Perang Dunia II yang menolak memanggul senjata, tetapi kemudian menerima penghargaan Medal of Honor karena menyelamatkan banyak rekannya. Filmnya juga dipertontonkan di luar ajang kompetisi, bersama film tinju arahan Philippe Falardeau dan dibintangi Naomi Watts, "The Bleeder."

Festival ini akan ditutup dengan karya Antoine Fuqua "The Magnificent Seven," menunjukkan Denzel Washington dalam film klasik yang dibuat kembali tentang sekawanan bersenjata yang dibayar untuk melindungi satu kota dari pencuri pada era koboi yang liar di Amerika.

Sutradara Inggris Sam Mendes, yang dikenal dengan film James Bond "Skyfall" dan "Spectre" menjadi ketua juri tahun ini. Festival Film Venice berlangsung dari 31 Agustus - 10 September. [as]

XS
SM
MD
LG