Tautan-tautan Akses

Film '12 Years a Slave' Diperkirakan akan Pimpin Perolehan Nominasi Oscar


Patung Piala Oscar menghiasi sebuah ruangan tempat diselenggarakannya pesta perhelatan akbar insan film "Academy Award" ke-85 di Hollywood, California, 24 Februari 2013 (Foto: dok).

Patung Piala Oscar menghiasi sebuah ruangan tempat diselenggarakannya pesta perhelatan akbar insan film "Academy Award" ke-85 di Hollywood, California, 24 Februari 2013 (Foto: dok).

Film "12 Years a Slave", diperkirakan akan meraih nominasi penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik, bersaing dengan "American Hustle", "The Wolf of Wall Street", "Captain Phillips" dan "Gravity".

Sejumlah film yang didasarkan pada kejadian sesungguhnya akan menjadi pesaing utama ketika nominasi peraih penghargaan Oscar diumumkan hari Kamis pagi (16/1) waktu Los Angeles.

Film "12 Years a Slave", yang mengangkat kisah nyata tentang seorang pria kulit hitam yang bukan budak diculik dan dijual sebagai budak pada masa sebelum Perang Saudara di Amerika, diperkirakan akan meraih nominasi untuk kategori film terbaik, bersama dengan "American Hustle" dan "The Wolf of Wall Street".-- dua film mengenai skandal korupsi dan politik yang sesungguhnya terjadi.

Dua film lainnya yang diperkirakan akan bersaing dalam kategori ini adalah "Captain Phillips", yang bertutur mengenai kisah nyata pembajakan kapal oleh perompak Somalia, dan drama petualangan antariksa "Gravity."

Mereka yang difavoritkan untuk meraih Oscar sebagai aktor terbaik adalah aktor Inggros Chiwetel Ejiofor untuk "12 Years a Slave", Leonardo DiCaprio untuk "The Wolf of Wall Street", Tom Hanks untuk "Captain Phillips", dan Matthew McConaughey untuk perannya sebagai pasien AIDS dalam "Dallas Buyers Club." Yang juga berpotensi merebut penghargaan ini adalah aktor kawakan berusia 77 tahun Robert Redford untuk film drama "All is Lost".

Penghargaan Oscar ke-86 akan dilangsungkan tanggal 2 Maret di Hollywood dan disiarkan langsung di televisi.
XS
SM
MD
LG