Tautan-tautan Akses

'12 Years a Slave', 'American Hustle' Raih Penghargaan Utama Golden Globe


Dari kiri ke kanan, Lupita Nyong'o, Chiwetel Ejiofor, Steve McQueen, Sarah Paulson, dan Michael Fassbender dari film '12 Years a Slave' pada acara Golden Globes 2014 (12/1). (AP/Jordan Strauss)

Dari kiri ke kanan, Lupita Nyong'o, Chiwetel Ejiofor, Steve McQueen, Sarah Paulson, dan Michael Fassbender dari film '12 Years a Slave' pada acara Golden Globes 2014 (12/1). (AP/Jordan Strauss)

Film '12 Years a Slave' meraih drama terbaik namun tidak memenangkan enam nominasi lainnya dalam penghargaan Golden Globe tahun ini.

Film 12 Years a Slave meraih penghargaan utama Golden Globe sebagai drama terbaik, sementara American Hustle memenangkan musikal atau komedi terbaik dalam acara yang memulai musim penghargaan di Holywood.

Penghargaan drama terbaik untuk film 12 Years a Slave karya sutradara Steve McQueen itu dianggap mengecewakan oleh para pengamat. Kemenangan itu tidak diharapkan karena film tersebut tidak menang dalam kategori-kategori lainnya yang dinominasikan, termasuk sutradara terbaik, aktor terbaik, naskah terbaik, aktris pembantu terbaik dan aktor pembantu terbaik.

American Hustle, mengenai pengejaran korupsi pada 1970an yang disutradarai David O. Russell, merupakan pemenang utama, memenangkan tiga dari tujuh nominasi dari Golden Globe Awards ke-71, yang merupakan barometer penting meski tidak selalu akurat untuk penghargaan industri film tertinggi, Academy Awards yang akan diadakan 2 Maret.

Amy Adams terpilih sebagai aktris terbaik dalam kategori musikal atau komedi untuk perannya dalam film tersebut, sementara Jennifer Lawrence menjadi aktris pembantu terbaik.

Penghargaan akting tertinggi diraih Cate Blanchett atas perannya sebagai sosialita kaya yang jatuh miskin dalam film komedi tragis karya Woody Allen, Blue Jasmine dan Matthew McConaughey untuk perannya sebagai aktivis AIDS dalam Dallas Buyers Club, dimana ia menurunkan berat badannya 25 kilogram.

Aktor pendampingnya Jared Leto menjadi aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai Rayon, seorang transeksual dengan AIDS.

Leonardo DiCaprio meraih penghargaan aktor terbaik untuk film musikal atau komedi atas perannya sebagai pialang saham pecandu narkoba dalam The Wolf of Wall Street, kolaborasi kelimanya dengan sutradara Martin Scorsese.

Sutradara terbaik adalah pembuat film asal Meksiko Alfonso Cuaron untuk film Gravity, yang dibintangi Sandra Bullock. Sementara sutradara Spike Jonze mendapat penghargaan naskah terbaik untuk filmnya Her, yang dibintangi Joaquin Phoenix.

Penghargaan Golden Globes didasarkan atas penilaian dari 90 jurnalis anggota Asosiasi Pers Asing Hollywood (HFPA).

Untuk televisi, drama terbaik adalah Breaking Bad; aktris terbaik adalah Robin Wright dalam House of Cards; aktor terbaik adalah Michael Douglas dalam Behind The Candelabra. (VOA/Reuters)
XS
SM
MD
LG