Tautan-tautan Akses

Filipina Waspadai Wabah Penyakit Pasca Banjir


Sedikitnya 85 orang tewas dalam musibah banjir di Filipina (Foto: dok). Filipina mewaspadai wabah penyakit pasca banjir.

Sedikitnya 85 orang tewas dalam musibah banjir di Filipina (Foto: dok). Filipina mewaspadai wabah penyakit pasca banjir.

Para petugas bantuan darurat dan dokter telah dikerahkan ke kawasan-kawasan yang dilanda banjir di Filipina untuk mencegah terjadinya wabah penyakit, sementara jumlah korban tewas meningkat menjadi 85 orang.

Badan Penanganan Bencana Nasional Filipina mengatakan, meskipun air banjir telah menyusut secara drastis di sekitar ibukota Manila, banyak kawasan di propinsi-propinsi sekitarnya masih terendam air dan waduk-waduk yang kebanjiran terus menumpahkan air.

Sekjen organisasi Palang Merah Internasional, Gwendolyn Pang, mengatakan, air yang menyusut telah mengakibatkan saluran pembuangan air tersumbat, dan membuat sampah-sampah bertebaran dimana-mana. Kondisi yang tidak bisa segera diatasi ini, katanya, menimbulkan persoalan sanitasi.

Palang merah telah menyebarkan tanki-tanki air bersih di pusat-pusat evakuasi, sementara para pejabat setempat telah menempatkan toilet-toilet portable.

Departemen Kesehatan Filipina telah menyebarkan tablet-tablet penjernihan air, sementara imunisasi masal dilangsungkan untuk mencegah wabah flu, dan penyakit-penyakit lain.

Wabah yang paling dikhawatirkan berjangkit adalah leptospirosis, penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri yang biasa ditemukan pada urin tikus. Pada banjir serupa tahun 2009, lebih 3300 orang terinfeksi dan 249 di antaranya meninggal dunia akibat penyakit itu.
XS
SM
MD
LG