Tautan-tautan Akses

Filipina Tangkap Pemimpin Gerakan Komunis


Benito Tiamzon, tokoh komunis Filipina

Benito Tiamzon, tokoh komunis Filipina

Pasukan keamanan Filipina hari Sabtu menangkap sejumlah pemimpin tinggi gerakan komunis di negara itu, satu minggu sebelum ulang tahun ke-45 perjuangan bersenjata yang katanya akan digunakan untuk melancarkan serangan pada sasaran-sasaran pemerintah.

Tokoh-tokoh komunis itu telah menghambat perundingan damai dengan pemerintah dan mendesak para pengikut mereka untuk meningkatkan serangan terhadap perkebunan, perusahaan telekomunikasi dan konstruksi untuk mencari dana guna mengongkosi perjuangan mereka, kata pejabat militer.

Benito Tiamzon, ketua Partai Komunis Filipina dan istrinya dicegat polisi di kota Carcar, pulau Cebu hari Sabtu, kata Jenderal Emanuel Bautista, kepala angkatan bersenjata Filipina.

Penangkapan Benito dan istrinya adalah kemenangan besar angkatan bersenjata Filipina, kepolisian Filipina dan pihak-pihak lain yang menginginkan keamanan dan perdamaian, kata Jenderal Bautista.

Laskar Rakyat Baru yang beranggotakan 3.000 orang adalah sayap bersenjata partai komunis yang melancarkan perang gerilya untuk mendirikan negara komunis di kawasan pedesaan. Konflik itu telah menewaskan lebih dari 40.000 orang.
XS
SM
MD
LG