Tautan-tautan Akses

Filipina, Taiwan dan China Bersiap Hadapi Topan Usagi


Satelit Terra milik NASA menampilkan gambar Topan Usagi yang bergerak mendekati wilayah Filipina dan selatan Taiwan (19/9).

Satelit Terra milik NASA menampilkan gambar Topan Usagi yang bergerak mendekati wilayah Filipina dan selatan Taiwan (19/9).

Filipina, Taiwan, dan China selatan bersiap-siap menghadapi hantaman Topan Usagi, badai terkuat Pasifik dalam catatan tahun ini, dengan kecepatan angin 240 kilometer per jam.

Badai Usagi diperkirakan akan menguat saat bergerak menuju Filipina utara, lalu ke Taiwan, kemudin melemah dan menerjang pantai selatan China.

Filipina telah mengungsikan penduduk sebagian desa pantai utara dan menginstruksikan agar perahu-perahu nelayan kembali sebelum badai tersebu menghantam wilayah tersebut. Badai diperkirakan akan melanda Filipina sekitar Jumat malam waktu setempat.

Para peramal cuaca memperkirakan pusat badai itu akan melewati wilayah tidak jauh di selatan Taiwan, tetapi ujung timur-laut pulau itu diperkirakan akan terkena dampak badai Usagi, hari Sabtu (21/9).

Di China selatan, kantor berita Xinhua mengatakan pihak berwenang telah mengeluarkan pemberitahuan pertolongan bencana sebelum waktu yang diperkirakan kedatangan badai itu Minggu malam.
XS
SM
MD
LG