Tautan-tautan Akses

Filipina Rekomendasikan Penjaga Perdamaian Tetap Berada di Golan


Markas pasukan penjaga perdamaian PBB di dekat perbatasan Kuneitra antara Israel dan Suriah, di Dataran Tinggi Golan (Foto: dok).

Markas pasukan penjaga perdamaian PBB di dekat perbatasan Kuneitra antara Israel dan Suriah, di Dataran Tinggi Golan (Foto: dok).

Diplomat tertinggi Filipina menghendaki sekitar 340 penjaga perdamaian Filipina agar tetap berada di Dataran Tinggi Golan selama sedikitnya enam bulan, setelah PBB berjanji akan mendukung keselamatan mereka.

Diplomat tertinggi Filipina mengatakan ia telah membatalkan rekomendasi sebelumnya kepada presiden Filipina, dan sekarang menghendaki agar sekitar 340 penjaga perdamaian Filipina tetap berada di Dataran Tinggi Golan, selama sedikitnya enam bulan setelah PBB berjanji akan mendukung keselamatan mereka.

Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario mengatakan dalam jumpa pers di Manila hari Rabu bahwa para pejabat PBB telah memberi jaminan kepadanya dalam pertemuan baru-baru ini di New York bahwa mereka akan memenuhi tiga persyaratan yang diajukan oleh pemerintah Filipina, termasuk memberi penjaga perdamaian lebih banyak senjata untuk membela diri.

Del Rosario meminta Presiden Benigno Aquino III bulan Mei agar menarik penjaga perdamaian dari Golan karena peningkatan permusuhan antara pemberontak Suriah dan pasukan pemerintah di daerah penyangga yang dipatroli PBB, yang memisahkan Suriah dari dataran yang diduduki Israel itu.
XS
SM
MD
LG