Tautan-tautan Akses

Filipina Gugurkan Tuntutan terhadap 2 Tersangka Pembantaian


Tersangka utama kasus pembantaian di Filipina selatan, Andal Ampatuan Jr dalam sidang pengadilan di Manila, 5 Januari 2010.

Tersangka utama kasus pembantaian di Filipina selatan, Andal Ampatuan Jr dalam sidang pengadilan di Manila, 5 Januari 2010.

Zaldy Ampatuan, mantan gubernur Mindanao dan pamannya, Akmad Ampatuan, akan dicoret dari surat tuduhan.

Pemerintah Filipina mencabut tuntutan terhadap anggota dua keluarga yang berkuasa di Filipina selatan. Mereka ditahan karena diduga terlibat dalam pembantaian 57 orang tahun lalu.

Menteri Kehakiman Alberto Agra mengatakan hari Sabtu Zaldy Ampatuan, mantan gubernur Mindanao, provinsi otonom yang mayoritas penduduknya Islam dan pamannya, Akmad Ampatuan, akan dicoret dari surat tuduhan.

Dia mengatakan, putusan itu diambil setelah jaksa mengkaji bukti yang memberatkan tersangka dan tidak menemukan bukti akan adanya persekongkolan.

Semula kedua orang itu dituduh ikut berperan dalam merencanakan pembantaian terkait pemilihan umum di Filipina selatan yang bergejolak itu.

Pencabutan tuduhan itu memicu kemarahan keluarga korban dan lawan-lawan politik Presiden Gloria Arroyo. Keluarga Ampatuan adalah sekutu Presiden Arroyo.

XS
SM
MD
LG