Tautan-tautan Akses

FIFA Skors Blatter Terkait Skandal Korupsi


Komite Etik FIFA telah menskors Presiden FIFA, Sepp Blatter (foto: dok).

Komite Etik FIFA telah menskors Presiden FIFA, Sepp Blatter (foto: dok).

Komite Etik badan sepak bola FIFA telah menskors Presiden FIFA, Sepp Blatter dan calon penggantinya selama 90 hari.

Komite mengambil tindakan itu hari Kamis terhadap Blatter dan Michel Platini, kepala Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA), kurang dari dua minggu setelah tim jaksa Swiss memulai penyelidikan kriminal terhadap Blatter terkait pembayaran dua juta dolar kepada Platini pada tahun 2011.

FIFA mengatakan pada saat ini Blatter tidak diperbolehkan mewakili organisasi dalam kapasitas apa pun.

Sebagai tanggapan, tim pengacara Blatter mengatakan komite yang menskors Blatter gagal mengikuti aturannya sendiri dengan tidak mengizinkannya memberikan bukti. Mereka juga mengatakan skors itu didasarkan pada “kesalahpahaman” dari kasus yang dikemukakan oleh Jaksa Agung Swiss.

“Presiden Blatter kecewa bahwa Komite Etik FIFA tidak mengikuti kode etik dan kode disiplin, yang keduanya memberikan kesempatan untuk didengar.” Demikian menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh tim pengacara Blatter.

Issa Hayatou, yang telah lama menjabat sebagai ketua Konfederasi Sepak Bola Afrika akan mengambil alih sebagai pemangku sementara jabatan presiden FIFA. Hayatou pernah ditegur oleh Komite Olimpiade Internasional karena kelakuan buruk. [lt]

XS
SM
MD
LG