Tautan-tautan Akses

FIFA Pecat Sekjen Jerome Valcke 


Mantan sekjen FIFA, Jerome Valcke (Foto: dok).

Mantan sekjen FIFA, Jerome Valcke (Foto: dok).

Valcke pernah dipecat sebelumnya dari FIFA, pada 2006, atas perannya dalam kontroversi pendukung acara. Ia dipekerjakan kembali setahun kemudian dan mencuat ke posisi puncak administrasi dengan tugas mengawasi organisasi Piala Dunia.

FIFA telah memecat seorang pembantu utama Sepp Blatter, presiden organisasi sepak bola sedunia itu yang terlibat skandal korupsi.

Jerome Valcke, mantan sekjen FIFA, telah dihentikan dari jabatannya untuk sementara empat bulan lalu atas tuduhan ia terlibat dalam skandal tiket pasar gelap.

Pekan lalu, komisi Etika FIFA menuduhnya menerima hadiah, membiarkan terjadinya benturan kepentingan, melanggar kepercayaan, dan tidak berkerjasama dengan para penyelidik. Valcke sebelumnya mengatakan, ia belum pernah melakukan kesalahan.

Orang yang selama ini menjadi penjabat sekjen sejak pemberhentian Valcke, Markus Kattner, diperkirakan akan melanjutkan tugasnya hingga pemilihan presiden baru FIFA 26 Februari.

Valcke pernah dipecat sebelumnya dari FIFA, pada 2006, atas perannya dalam kontroversi sponsor. Ia dipekerjakan kembali setahun kemudian dan mencuat ke posisi puncak administrasi dengan tugas mengawasi organisasi Piala Dunia.

Pemberhentiannya diberlakukan kurang dari sebulan setelah Blatter dilarang terlibat dalam kegiatan-kegiatan FIFA selama delapan tahun atas tuduhan melakukan pembayaran sebesar 2 juta dolar kepada ketua organisasi sepak bola Eropa Michel Platini. Platini juga dilarang terlibat dalam kegiatan professional sepak bola selama delapan tahun. [ab]

XS
SM
MD
LG