Tautan-tautan Akses

FIFA Berlakukan Pengawasan Doping Ketat Jelang Piala Dunia


Tim anti-doping FIFA berkunjung ke tim Bayern Munich dan melakukan pengujian doping terhadap seluruh pemain Bayern secara mendadak (foto: dok).

Tim anti-doping FIFA berkunjung ke tim Bayern Munich dan melakukan pengujian doping terhadap seluruh pemain Bayern secara mendadak (foto: dok).

Federasi sepakbola internasional (FIFA) merupakan salah satu federasi olahraga pertama yang memperkenalkan teknik profil urin baru untuk mendeteksi steroid.

Kepala bidang medis FIFA mengatakan tim anti-doping berkunjung ke tempat latihan Bayern Munich secara mendadak pekan lalu untuk mengambil sampel darah dari semua pemain, guna memastikan pemain-pemain top dunia diawasi ketat menjelang Piala Dunia tahun depan.

Jiri Dvorak mengatakan pengujian dalam klub Bayern disusul dengan pengambilan sampel darah para pemain dari klub Barcelona, Chelsea, klub Uruguay Monterrey dan klub Brasil Santos dalam setahun terakhir. Pengambilan profil darah pemain dapat membantu mendeteksi penggunaan obat-obat terlarang.

Dvorak mengatakan FIFA kini membangun profil darah dari kira-kira 600-700 pemain top dunia.

FIFA merupakan salah satu federasi olahraga pertama yang memperkenalkan teknik profil urin baru untuk mendeteksi steroid dan mengatakan akan menggunakan prosedur tersebut dalam Piala Dunia di Brasil untuk membentuk paspor biologi yang lebih lengkap dari para pemain.

Sementara itu, Badan Anti-Doping Sedunia (WADA) menemukan masalah dengan laboratorium pengujian doping di Rusia, kurang dari tiga bulan sebelum penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Presiden WADA John Fahey mengatakan badan ini menyelidiki “masalah itu” dengan laboratorium Moskow tapi menolak untuk memberi rincian.

Ketua komisi medis IOC Arne Ljungqvist mengatakan badan Olimpiade telah diberitahu terkait penyelidikan WADA dan diperkirakan hasil penyelidikannya diperoleh besok atau beberapa hari kemudian.

Masalahnya melibatkan laboratorium Moskow yang terakreditasi oleh WADA, yang menangani tes doping bagi kejuaraan dunia atletik bulan Agustus dan dipersiapkan untuk mengirim fasilitasnya ke Sochi untuk menangani tes-tes doping Olimpiade Musim Dingin 7-23 Februari 2014.
XS
SM
MD
LG