Tautan-tautan Akses

Fidel Castro Kembali Tampil di Hadapan Publik


Gambar yang diambil dari sebuah website Kuba, Cubadebate, menunjukkan Fidel Castro di Havana, menyapa pendukungnya pada 30 Maret 2015.

Gambar yang diambil dari sebuah website Kuba, Cubadebate, menunjukkan Fidel Castro di Havana, menyapa pendukungnya pada 30 Maret 2015.

Media resmi pemerintah Kuba hari Sabtu (4/4) melaporkan, setelah lebih dari satu tahun tidak tampil di depan publik, mantan pemimpin Kuba Fidel Castro menampakkan diri.

Empat foto yang dipublikasikan di internet menunjukkan tokoh berusia 88 tahun itu duduk di dalam mobil, berjabat tangan dengan sejumlah pendukung dari Venezuela melalui jendela mobil yang agak terbuka. Hanya satu sisi wajahnya yang terlihat di balik topi baseball dan janggut khasnya.

Media-media di Kuba melaporkan peristiwa itu terjadi pada hari Senin (30/3) lalu (30/3) tetapi tidak menjelaskan mengapa foto-foto itu baru dirilis beberapa hari kemudian.

Fidel Castro dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan delegasi Venezuela yang berkunjung ke Kuba dalam misi solidaritas. Laporan itu mengatakan delegasi Venezuela sangat terkesan dengan jabat tangan dan pikirannya yang tetap jernih.

Venezuela yang kaya minyak sudah sejak lama menjadi sekutu Kuba.

Ini merupakan pertama kalinya Fidel Castro tampil di hadapan publik sejak Kuba dan Amerika mengumumkan langkah bersejarah untuk memulihkan hubungan diplomatik. Mantan pemimpin Kuba itu terakhir kali terlihat pada bulan Januari 2014 dalam acara pembukaan sebuah studio seni di Havana.

Fidel Castro mengundurkan diri sebagai presiden untuk sementara waktu pada tahun 2006 karena sakit, dan menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul, yang mengambilalih kekuasaan secara permanen pada tahun 2008.

XS
SM
MD
LG