Tautan-tautan Akses

Fidel Castro Bantah Rumor Ia Sakit Keras


Fidel Castro (dok: Feb 2010).

Fidel Castro (dok: Feb 2010).

Sebuah artikel menerbitkan foto-foto aktivitas mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro, menunjukkan Castro sehat wal afiat.

Mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro, telah menulis sebuah artikel di media pemerintah yang membantah klaim bahwa ia sakit keras. Artikel tersebut dimuat dalam situs Internet cubadebate.cu Senin pagi, disertai dengan beberapa foto mantan pemimpin berusia 86 tahun itu. Foto-foto tersebut memperlihatkan dia sedang membaca surat-kabar yang diterbitkan pada hari Jumat.

Minggu (21/10) mantan Wakil Presiden Venezuela Elias Jaua mengatakan ia bertemu dengan tokoh revolusi Kuba itu selama lima jam.

Jaua mengatakan Castro menemaninya kembali ke Hotel Nacional di Havana setelah pertemuan mereka pada hari Sabtu. Jaua memperlihatkan kepada media foto-foto pertemuannya dengan mantan pemimpin Kuba tersebut.

Penampilan terakhir Castro di depan umum adalah pada bulan Maret dengan Paus Benediktus yang sedang berkunjung. Pekan lalu tersebar desus-desus bahwa Castro sakit keras.

Castro naik ke tampuk kekuasaan setelah revolusi tahun 1959. Ia tetap populer di Kuba, di mana ketidakhadirannya di depan umum sebelumnya telah menimbulkan pertanyaan tentang kesehatannya. Ia menyerahkan kekuasaan untuk sementara kepada adiknya, Raul, tahun 2006 ketika dia menderita penyakit usus, sebelum mengalihkan kekuasaan sepenuhnya tahun 2008.
XS
SM
MD
LG