Tautan-tautan Akses

Festival Tahunan di Texas Padukan Bisnis dan Hiburan

  • Greg Flakus

Banyak kelompok musik dari Asia, Eropa dan Afrika tampil dalam festival South by Southwest (foto, 16/3/2013).

Banyak kelompok musik dari Asia, Eropa dan Afrika tampil dalam festival South by Southwest (foto, 16/3/2013).

Festival tahunan 'South by Southwest' yang diadakan mulai akhir pekan ini di kota Austin, negara bagian Texas, Amerika, menarik minat puluhan ribu peserta dan pengunjung dari dalam dan luar negeri.

South by Southwest dikenal karena kegembiraannya dan karena festival itu memadukan bisnis dan hiburan. Penyelenggara acara tersebut adalah Horacio Melo dari Start Up Chile, program pemerintah Chili. Ia memaparkan,

"Ini kesempatan baik untuk mendapatkan lebih banyak investor dan orang-orang penting yang berperan dalam program bantuan start-up."

South by Southwest dimulai tahun 1987 sebagai festival musik lokal yang menarik sekitar 700 orang. Kini, festival itu menarik ribuan orang dari seluruh dunia untuk ikut dalam diskusi media interaktif, pemutaran film, dan, tentu saja, musik.

Salah seorang warga setempat yang telah berpartisipasi sejak pertama kali festival itu diadakan adalah pengacara sektor hiburan Stephen Easley. "Kota ini rasanya tidak mampu lagi menyelenggarakan South by Southwest. Festival ini telah menjadi begitu besar dan luas," ujarnya.

South by Southwest telah menjadi festival terbesar untuk jenisnya di dunia. Dalam ajang tersebut, banyak film baru untuk pertama kali diperkenalkan sebelum akhirnya popular di tempat lain; dan banyak kelompok musik mendapat agen, produser, bahkan kontrak rekaman.

Kelompok musik dari Asia, Eropa dan Afrika tampil dalam festival tersebut. Tetapi, kita juga bisa mendengar banyak musik khas Texas.

Penyanyi dan penulis lagu popular asal Austin, Texas, Slaid Cleaves, menghadiri festival South by Southwest tahun 1990 dan memutuskan pergi dari rumahnya di Maine dan menjadi penyanyi Texas. Ia menuturkan, "Itulah alasan saya datang ke Austin, untuk bekerja sama dengan musisi-musisi besar, studio dan sesama penulis lagu."

Selama 10 hari, festival itu menyajikan ratusan konser resmi, tetapi menurut Cleaves, banyak pengunjung lebih memilih acara-acara di luar zona festival.

Bagi musisi seperti Slaid Cleaves, Austin adalah tempat yang cocok untuk tampil, apakah ada festival atau tidak.
XS
SM
MD
LG