Tautan-tautan Akses

Festival Cannes Ajang Bintang Film Jualan Proyek


Aktor Leonardo DiCaprio (kiri) dan Amitabh Bachchan mempromosikan film yang mereka bintangi, 'The Great Gatsby', di Festival Film Cannes. (Foto: Reuters)

Aktor Leonardo DiCaprio (kiri) dan Amitabh Bachchan mempromosikan film yang mereka bintangi, 'The Great Gatsby', di Festival Film Cannes. (Foto: Reuters)

Selain tempat penayangan film, Festival Film Cannes menjadi ajang pembelian, penjualan serta pencarian dana untuk proyek film.

Bintang film datang ke Festival Film Cannes untuk mempromosikan dirinya dan proyek-proyek mereka. Untuk itu, festival ini merupakan saat yang tepat untuk meluncurkan film dokumenter mengenai dominasi daya tarik selebriti yang mengalahkan isi film itu sendiri.

Di tengah hiruk pikuk pesta, proposal proyek dan paparazzi di pasar utama film dunia tersebut, sutradara James Toback pada Minggu (19/5) menayangkan filmnya "Seduced and Abandoned", mengenai bagaimana ia dan aktor Alec Baldwin berbicara dengan para sutradara, investor dan kepala studio film di Cannes tahun lalu untuk mencari dana sebuah film yang tidak memiliki bintang papan atas.

Mereka tidak berencana membuatnya menjadi film, namun jalan cerita mengenai mata-mata dan wartawan di Irak ternyata tidak cukup menarik investor tanpa nama besar.

Baldwin sendiri sering dicela sebagai “hanya” aktor televisi, sementara aktris Kanada Neve Campbell, bintang dari film-film "Scream", dianggap kurang memiliki daya jaring box office.

"Uang mengikuti bintang,” ujar Toback dalam film dokumenter yang dibeli oleh Time Warner's HBO.

Selain sebagai tempat penayangan film-film top dunia, Cannes mengumpulkan sampai 40.000 profesional untuk membeli dan menjual film serta mencari pendanaan bagi proyek-proyek, namun banyak diantaranya tidak pernah melihat satu film pun.

Salah satu investor memberitahu Toback bahwa ia bahkan tidak membaca naskah film, namun memutuskan mendanai suatu proyek berdasarkan bintang yang terlibat, karena pemasaran suatu film menjadi lebih penting dibandingkan isinya.

Tidak heran jika bintang-bintang seperti Leonardo DiCaprio, Justin Timberlake dan Emma Watson tidak hanya mempromosikan film-film yang sudah selesai dan ditayangkan di festival yang berlangsung dari 15 Mei sampai 26 Mei itu, tapi juga memanfaatkan sorotan terhadap mereka untuk membahas proyek baru dan mencari distributor.

Tidak hanya Baldwin dan Toback yang membuat proyek mengenai selebriti dan ‘bahaya pekerjaan’ sebagai subyek mereka.

Mantan bintang serial "Baywatch", David Hasselhoff, 60, ada di kota itu dengan pacarnya yang berusia 32 tahun, Hayley Robert, untuk mempromosikan "Killing Hasselhoff", proyek film mengenai seorang pria yang menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh seorang selebriti, yaitu Hasselhoff, untuk memenangkan taruhan.

Paris Hilton, yang tidak pernah malu publisitas, menghadiri pesta untuk film terbaru Sofia Coppola "The Bling Ring", yang ditayangkan pertama kalinya di Cannes. Hilton berperan sebagai dirinya sendiri dalam kisah remaja-remaja pencuri yang terobsesi selebriti dan masuk secara paksa ke rumah-rumah idola mereka, termasuk rumah Hilton.

DiCaprio dan sutradara Martin Scorsese mengumumkan proyek film berikut mereka, "Silence", sementara Timberlake dan istrinya, aktris Jessica Biel, mengadakan pesta bertema disko untuk para pembeli "Spinning Gold", proyek film biopik mengenai eksekutif rekaman Neil Bogart.

Jennifer Lawrence, yang menyabet Oscar tahun ini sebagai aktris terbaik, bersama aktor Australia Liam Hemsworth bekerja mempromosikan film kedua dan ketiga "Hunger Games", yang mulai dibuat September.

Bintang kung fu Jackie Chan bersama bintang China favorit Fan Bingbing membahas film komedi laga yang akan diluncurkan tahun depan, "Skiptrace".

Selain itu, ada aktris-aktris Liv Tyler, Jane Fonda dan Eva Longoria, model Cindy Crawford dan Cara Delevingne serta penyanyi pop/DJ Boy George, berpesta dan berkeliling membicarakan proyek-proyek mereka, atau menggunakan status selebriti mereka sebagai “duta produk.”

Selain mempromosikan karir dan film, Cannes juga menyediakan paling tidak beberapa kesempatan beramal.

Sharon Stone, Jessica Chastain, dan Janet Jackson ada di daftar tamu untuk pesta tahunan amfAR pada Kamis untuk menggalang dana bagi penelitian AIDS, dengan pertunjukan dari, antara lain, Shirley Bassey dan Duran Duran. (Reuters/Belinda Goldsmith)
XS
SM
MD
LG