Tautan-tautan Akses

AS

FEMA Luncurkan Aplikasi Ponsel dalam Sikon Darurat


Craig Fugate, Ketua Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) berbicara di Washington DC (foto: dok). FEMA meluncurkan aplikasi baru untuk sikon darurat.

Craig Fugate, Ketua Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) berbicara di Washington DC (foto: dok). FEMA meluncurkan aplikasi baru untuk sikon darurat.

Fitur itu membuat pengguna smartphone bisa mendapat notifikasi khusus bagaiman mengambil langkah-langkah penting dalam menghadapi bencana.

Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) telah menambah fungsi baru pada aplikasi telepon pintar. Fitur itu membuat pengguna bisa mendapat notifikasi khusus “untuk mengingatkan mereka mengambil langkah-langkah penting guna mempersiapkan diri dan keluarga menghadapi bencana.”

Pengguna juga bisa memilih untuk mendapatkan kiat persiapan darurat dan keamanan, termasuk “uji alarm kebakaran, latihan rencana menghadapi kebakaran, pembaruan peralatan darurat dan penggantian bateri alam kebakaran.”

Wakil Ketua Administrasi Perlindungan dan Kesiapan Nasional Tim Manning mengatakan “hidup kita sangat sibuk dan terus berjalan. Kini kita beralih pada piranti dan teknologi digital supaya lebih terorganisir dan terhubung. Fitur baru dalam aplikasi FEMA ini akan memudahkan keluarga untuk mengingat tindakan-tindakan yang berpotensi menyelamatkan jika, yang seharusnya lebih sering kita pikirkan.”

Aplikasi ini mencakup fitur yang menyediakan “daftar pasokan darurat yang sudah dibuat sesuai kebutuhan, peta tempat-tempat penampungan dan pusat pemulihan yang terbuka, dan kiat tentang bagaimana bertahan hidup dari bencana alam dan bencana akibat perbuatan manusia”.

Pengguna aplikasi ini juga bisa mendapatkan peringatan waspada dari Badan Urusan Cuaca terkait cuaca buruk.

Aplikasi ini tersedia pada sistem operasi Android dan iOS. [em]

XS
SM
MD
LG