Tautan-tautan Akses

Federer Mundur, Djokovic Pertahankan Gelar


Novak Djokovic dari Serbia mempertahankan gelar sebagai petenis nomor satu dunia.

Novak Djokovic dari Serbia mempertahankan gelar sebagai petenis nomor satu dunia.

Federer meminta maaf kepada penonton dan mengatakan bahwa ia sedang tidak bugar setelah mengalami masalah punggung sehingga harus mundur dari pertandingan final.

Final yang diperkirakan berlangsung seru berakhir sebelum mulai, Minggu (16/11), ketika Roger Federer terpaksa mundur karena cedera sebelum pertandingan ATP Tur Dunia dengan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic.

Petenis Swiss berusia 33 tahun itu, yang menghabiskan 2 jam 48 menit mengalahkan kawan senegaranya Stanislas Wawrinka dalam pertandingan semi-final brutal malam sebelumnya, mengumumkan keputusannya di lapangan Arena O2, yang dihadiri 17.000 penonton.

Hal ini membuat Djokovic pria pertama yang memenangkan gelar itu tiga tahun berturut-turut sejak Ivan Lendl pada 1987.

Petenis nomor dua dunia Federer, yang berupaya meraih gelar ketujuh pada akhir tahun ini, meminta maaf kepada penonton dan mengatakan bahwa ia sedang tidak bugar setelah mengalami masalah punggung.

"Saya harap Anda mengerti. Saya ingin mengatakan secara personal dan meminta maaf karena tidak bisa main. Saya tidak dapat bertanding dengan punggung seperti ini sekarang," ujarnya.

Meski anti-klimaks, dan beberapa penonton mengeluarkan ribuan poundsterling untuk tiket di pinggir lapangan, tidak ada yang berteriak mencemooh. Tepuk tangan membahana setelah Federer, juara tujuh kali Wimbledon, berbicara.

"Saya merasa baik-baik saja sampai pertandingan kemarin. Tiba-tiba punggung saya terasa aneh. Saya telah mencoba semua perawatan, obat, tapi tidak ada perbaikan dalam semalam," ujarnya.

Ini adalah kali ketiga dalam karir berisi hampir 1.000 pertandingan Federer menarik diri karena cedera.

Djokovic sendiri tidak merasa ingin melakukan perayaan ketika mendapatkan trofi dan cek senilai US$1,92 juta.

"Jelas saya tidak ingin menang seperti ini," ujar petenis Serbia berusia 27 tahun itu, yang meraih gelar nomor satu dunia untuk ketiga kalinya dalam empat tahun minggu ini.

"Saya merasa kasihan dengan Roger. Saya telah bermain tenis (profesional) selama 10 tahun dan Roger serta Rafa (Nadal) merupakan pesaing terbesar dan selalu memberikan upaya 100 persen."

Untuk meredakan kekecewaan penggemar, petenis Inggris Andy Murray, yang dikalahkan Federer minggu lalu, setuju untuk bermain dengan Djokovic dalam satu set pertandingan eksibisi, sebelum bermitra dengan John McEnroe dalam pertandingan ganda melawan Tim Henman dan Pat Cash. (Reuters)

XS
SM
MD
LG