Tautan-tautan Akses

AS

Direktur FBI: Teroris Gunakan Teknologi Enkripsi


Direktur FBI, James Comey memberikan keterangan pers di New York, Rabu (16/12).

Direktur FBI, James Comey memberikan keterangan pers di New York, Rabu (16/12).

Direktur FBI, James Comey mengatakan penggunaan teknologi enkripsi merupakan metode utama komunikasi teroris dan membahayakan keselamatan masyarakat.

Direktur FBI hari Rabu (16/12) berbicara dalam konferensi keamanan di kota New York dengan para pengusaha swasta dan mengatakan ia memahami kegelisahan warga Amerika mengenai keamanan tapi seharusnya warga Amerika menyalurkan kepedulian mereka menjadi kewaspadaan bukannya panik.

James Comey juga mengatakan penggunaan teknologi enkripsi merupakan metode utama komunikasi teroris dan membahayakan keselamatan masyarakat.

Ia mengatakan dalam dua tahun terakhir, teroris telah mengubah cara mereka berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi pesan telepon pintar dan memanfaatkan enkripsi sepenuhnya sehingga membuat pemantauan terhadap para tersangka teroris hampir mustahil.

Comey mengatakan bahwa ia adalah “pendukung kuat dari enksripsi”, tapi menurutnya, “penggunaan enskripsi berbenturan dengan kebutuhan kita untuk menciptakan keamanan masyarakat”.

Ia mengatakan, “Kita melihatnya dengan jelas dalam ancaman ISIS kepada kita”.

Pada konferensi pers setelah acara tersebut, Comey mengoreksi laporan media bahwa suami istri yang menewaskan 14 orang di San Bernardino, California memasang pernyataan kesetiaan mereka kepada jihad dan mati syuhada di media sosial sebelum mereka menikah. [jm/my]

XS
SM
MD
LG