Tautan-tautan Akses

FBI Sudah Diberitahu Rencana Teror Mumbai 3 Tahun Sebelumnya


Hotel Taj Mahal di Mumbai, India yang menjadi sasaran serangan teroris 27 November 2008.

Hotel Taj Mahal di Mumbai, India yang menjadi sasaran serangan teroris 27 November 2008.

Harian Washington Post mengatakan FBI menerima informasi mengenai David Coleman Headley dari isterinya bulan Agustus tahun 2005.

Surat kabar terkemuka Amerika mengatakan para petugas intelijen Amerika telah diberitahu tiga tahun sebelum serangan teroris di Mumbai tahun 2008 bahwa seorang pria Amerika sedang berlatih di Pakistan dengan kelompok yang katanya melaksanakan serangan teror di Mumbai itu.

Harian The Washington Post mengatakan FBI menerima informasi mengenai David Coleman Headley dari isterinya bulan Agustus tahun 2005.

Dengan mengutip sumber-sumber yang dekat dengan kasus itu, harian tersebut mengatakan isteri Headley memberitahu FBI bahwa suaminya telah menjalani latihan intensif bersama kelompok militan Pakistan, Lashkar-e-Taiba dan berhubungan dengan kaum ekstrimis.

Menurut laporan tersebut, yang ditulis bersama yayasan jurnalisme ProPublica, Headley pergi ke Mumbai lima kali untuk mencari tempat serangan teroris di kota India itu. Serangan tersebut berlangsung tiga hari, menewaskan 166 orang dan lebih dari 300 lainnya cedera.

The Washington Post mengatakan FBI mewawancarai isteri Headley 3 kali, tetapi Headley tetap bebas bepergian ke seluruh dunia untuk mencari sasaran serangan teror. Ia tidak ditangkap sampai hampir setahun setelah serangan Mumbai, dan sekarang berada dalam tahanan Amerika.

XS
SM
MD
LG