Tautan-tautan Akses

AS

FBI Melansir Penyelidikan Pidana Terkait Kebocoran Program NSA


Direktur FBI Robert Mueller menghadiri rapat terkait kebocoran di program NSA di Capitol Hill, Washington (13/6).

Direktur FBI Robert Mueller menghadiri rapat terkait kebocoran di program NSA di Capitol Hill, Washington (13/6).

Pimpinan Biro Penyelidikan Federal Amerika (FBI), Robert Mueller, mengukuhkan bahwa pihaknya telah memulai penyelidikan pidana terkait pembocoran yang merugikan keamanan nasional Amerika.

Direktur Biro Penyelidikan Federal Amerika (FBI), Robert Mueller, berjanji akan mengambil tindakan yang cepat terhadap mantan analis CIA yang telah mengaku membocorkan dokumen-dokumen yang mengungkapkan program pengintaian rahasia pemerintah.

Berbicara kepada anggota Kongres hari Kamis, pimpinan FBI Mueller mengukuhkan bahwa penyelidikan pidana terkait pembocoran yang telah merugikan keamanan nasional Amerika tersebut telah dimulai.

Ia tidak menyebut nama pembocor yang telah mengaku dan saat ini tengah berada di Hong Kong, Edward Snowden. Snowden telah bertekad untuk melawan setiap upaya untuk mengekstradisinya ke Amerika untuk menghadapi dakwaan.

Mueller membela program pengintaian itu, dan mengatakan program itu sah dan alat yang penting untuk mencegah serangan teroris. Ia mengatakan pengungkapan program itu dapat menyebabkan teroris mengubah prilaku mereka dan menjadi lebih sulit untuk dilacak.

Jenderal Keith Alexander, pimpinan Badan Keamanan Nasional Amerika, NSA, mengatakan program-program yang dilakukan oleh badan yang dipimpinnya telah membantu menggagalkan puluhan serangan teroris. Para anggota Kongres mengatakan NSA akan segera mengajukan rincian mengenai klaim ini.
XS
SM
MD
LG