Tautan-tautan Akses

FBI Kembali Selidiki Temuan Baru Terkait Email Hillary Clinton


Calon presiden dari partai Demokrat Hillary Clinton saat berkampanye di NewBo City Market, Cedar Rapids, Iowa, Jumat, 28 Oktober 2016. (AP Photo/Andrew Harnik)
Calon presiden dari partai Demokrat Hillary Clinton saat berkampanye di NewBo City Market, Cedar Rapids, Iowa, Jumat, 28 Oktober 2016. (AP Photo/Andrew Harnik)

Hillary Clinton tampil di hadapan media berita, Jumat (28/10) hanya beberapa jam setelah pengumuman Direktur FBI James Comey, yang mengatakan email itu ditemukan ketika penyelidikan lain dilakukan yang mungkin berhubungan dengan Clinton.

Calon presiden dari partai Demokrat Hillary Clinton telah menanggapi pengumuman penyelidikan FBI mengenai email baru yang ditemukan yang berhubungan dengan penggunaan server email pribadi Clinton ketika ia menteri luar negeri, dan menyelidiki hal tersebut.

Clinton tampil di hadapan media berita hari Jumat (28/10) hanya beberapa jam setelah pengumuman Direktur FBI James Comey, yang mengatakan email itu ditemukan ketika penyelidikan lain dilakukan yang mungkin berhubungan dengan Clinton.

Clinton menyerukan agar FBI mengungkapkan semua informasi mengenai penyelidikan temuan baru itu.

Clinton juga mengatakan dia yakin penyelidikan tambahan tidak akan mengubah kesimpulan FBI mengenai kasusnya bulan Juli lalu. Pada waktu itu, Comey mengatakan Clinton sangat tidak berhati-hati dengan menyimpan email pemerintah dalam server email pribadinya, tetapi mengatakan tidak ada indikasi Clinton dengan sengaja memberi infromasi rahasia kepada pihak-pihak yang tidak layak menerimanya dan berusaha menutup-nutupinya.

Setelah berita penyelidikan itu keluar hari Jumat, laporan lebih jauh mengaitkan temuan baru itu dengan penyelidikan FBI terhadap mantan anggota Kongres Anthony Weiner, yang isterinya Huma Abedin, staf tertinggi Hillary Clinton.

Weiner sedang diselidiki karena mengirim SMS cabul kepada perempuan di bawah umur di North Carolina. Weiner dan Abedin sekarang telah berpisah.

Sumber-sumber dalam pemerintah mengatakan hari Jumat FBI menemukan email baru itu dari server email pribadi Clinton setelah FBI menyita komputer milik Abedin dan Weiner. [gp]

XS
SM
MD
LG