Tautan-tautan Akses

FBI Interogasi Tersangka Pemboman yang Gagal di NY


Faisal Shahzad bersikap kooperatif dengan tim penyidik FBI (Foto: dokumentasi).

Faisal Shahzad bersikap kooperatif dengan tim penyidik FBI (Foto: dokumentasi).

Pihak berwenang AS terus menginterogasi Faisal Shahzad, yang telah didakwa melakukan tindak terorisme.

Pejabat Amerika mengatakan seorang warganegara Amerika keturunan Pakistan yang berusaha melakukan pengeboman di New York City bekerja sama dengan penyelidik sementara mereka berusaha mengetahui motif dari serangan itu.

Tertuduh, Faisal Shahzad berusia 30 tahun, tadinya akan menghadapi tuduhan di sebuah peradilan New York Selasa, tetapi kemudian ditunda sampai Rabu atau Kamis, supaya ia bisa melanjutkan pembicaraan dengan para penyelidik.

Pejabat mengatakan, Shahzad, seorang warga negara Amerika lewat naturalisasi, mengaku perannya dalam persekongkolan ini, dan telah memberi informasi yang bernilai. Mereka juga mengatakan ia tidak menggunakan hak Miranda-nya yang memungkinkan dirinya untuk tidak berbicara.

Shahzad ditangkap setelah agen penegak hukum berhasil mengkaitkan dirinya ke sebuah mobil yang di parkir di Times Square, New York Sabtu, dengan sebuah bom rakitan di dalamnya. Ia berhasil di lacak dan di tangkap di pesawat terbang yang sedang bersiap-siap untuk berangkat ke Dubai Senin sore.

Penguasa menyelidiki apakah ia punya kaitan dengan organisasi teroris luar negeri. Mereka mengatakan Shahzad mengaku mendapat pelatihan bahan peledak di Pakistan Barat Laut.

XS
SM
MD
LG