Tautan-tautan Akses

FBI dan Polisi Ceko Tangkap Peretas Rusia di Praha


Seorang warga Rusia ditangkap di Praha, diduga terkait peretasan dunia maya, Rabu, 19 Oktober 2016 (Foto: screengrab)

Seorang warga Rusia ditangkap di Praha, diduga terkait peretasan dunia maya, Rabu, 19 Oktober 2016 (Foto: screengrab)

FBI Amerika, dengan bekerjasama dengan kepolisian Ceko, menangkap seorang warga Rusia di Praha, Rabu (19/10) sehubungan dengan usaha serangan dunia maya terhadap Amerika Serikat.

Pekan lalu, pemerintahan Obama dengan resmi menuduh pemerintah Rusia meretas lembaga-lembaga Amerika dalam usaha untuk mempengaruhi pemilihan presiden dalam waktu dekat, walaupun polisi tidak memberi indikasi pria yang ditangkap itu berhubungan dengan tuduhan peretasan pemilu Amerika.

Tanpa memberi keterangan lebih lanjut, juru bicara kepolisian Ceko David Schon mengatakan sasaran operasi itu adalah seorang warga Rusia dan bahwa itu telah dilakukan dengan berhasil.

Pernyataan yang dimuat dalam situs internet kepolisian mengatakan tersangka ditahan di sebuah hotel di Praha. Polisi mengatakan ia pingsan ketika ditangkap dan diberi pertolongan pertama sebelum diangkut ke rumah sakit.

Pernyataan itu mengatakan pengadilan Ceko akan memutuskan apakah tersangka akan diektradisi ke Amerika Serikat, tetapi waktunya tidak diberikan.

Rusia telah dituduh berusaha membantu calon presiden dari partai Republik Donald Trump melawan saingannya Hillary Clinton setelah email memalukan dari kantor pusat partai Demokrat yang terungkap melalui peretasan sebelumnya tahun ini mengakibatkan peletakan jabatan ketua partai Demokrat Debbie Wasserman-Schultz.

Presiden Rusia Vladimir Putin membantah keterlibatan dalam peretasan itu. [gp]

XS
SM
MD
LG