Tautan-tautan Akses

FBI: China Lancarkan Perang Cyber Terhadap Perusahaan AS


Direktur FBI James Comey berbicara di kantor FBI di Albany, New York (23/9). (AP/Mike Groll)

Direktur FBI James Comey berbicara di kantor FBI di Albany, New York (23/9). (AP/Mike Groll)

China sangat agresif dan luas dalam usahanya untuk mencuri rahasia yang akan menguntungkan perusahaan-perusahaan dan perindustriannya.

Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika, James Comey mengatakan, China berada di posisi teratas dalam daftar negara yang melancarkan perang dunia maya terhadap perindustrian Amerika, yang merugikan milyaran dolar setahun.

Comey mengatakan kepada acara televisi CBS, 60 Minuets, Minggu (5/10) bahwa China sangat agresif dan luas dalam usahanya untuk mencuri rahasia yang akan menguntungkan perusahaan-perusahaan dan perindustriannya.

Ia mengatakan kerugian tahunan perusahaan-perusahaan Amerika “tidak mungkin dapat dihitung,” tetapi dalam milyaran dolar.

China atau siapa saja yang mencuri hak paten dan rahasia dagang dari perusahaan Amerika dapat mengakibatkan kehilangan sejumlah besar pekerjaan dan pemasukan bagi perindustrian.

Comey mengatakan jumlah serangan setiap hari dari hacker dan teroris dunia maya terlalu banyak untuk dihitung dan bahwa bangsa Amerika menganggap enteng bahaya kejahatan dunia maya.

Amerika telah mendakwa lima pakar militer China karena kejahatan dunia maya Mei, yang menimbulkan kemarahan China, yang membantah melakukan peretasan komputer dan menuduh Amerika Serikat melakukan kegiatan mata-mata.

XS
SM
MD
LG