Tautan-tautan Akses

Laporan Internal FBI: Para Agen Awasi Aktivis secara Tidak Patut


FBI baru saja mengeluarkan laporan internal yang menyebut praktek tidak layak dari para agennya.

FBI baru saja mengeluarkan laporan internal yang menyebut praktek tidak layak dari para agennya.

Laporan internal FBI menyebutkan para agen secara tidak patut menyelidiki kelompok-kelompok seperti Greenpeace dan PETA.

Suatu hasil penyidikan internal menyatakan agen-agen Biro Penyidik Federal Amerika (FBI) melakukan pengawasan yang tidak dapat dibenarkan terhadap kelompok-kelompok aktivis politik dalam negeri setelah serangan teroris 11 September 2001 terhadap Amerika.

Laporan yang dikeluarkan pada hari Senin oleh Inspektur Jenderal FBI Glenn Fine menyebutkan para agen FBI secara tidak patut menyelidiki kelompok-kelompok seperti Greenpeace dan kelompok pendukung Perlakuan Etis terhadap Satwa (PETA). Fine mengatakan FBI memulai penyelidikan mereka didasarkan pada informasi yang lemah atau bahkan tanpa alasan.

Salah satu penyidikan antara lain terhadap demonstrasi anti perang tahun 2002 di Pittsburgh yang disponsori Thomas Merton Center, organisasi lokal pendukung perdamaian. Para pejabat FBI mengatakan mereka mencari seorang tersangka teroris pada demonstrasi tersebut. Ini klaim yang didukung Direktur FBI Robert Mueller sewaktu tampil di hadapan sebuah panel di Kongres pada tahun 2006.

Tetapi laporan inspektur jenderal FBI menyatakan pernyataan tersebut tidak benar, dan menyebut pengawasan terhadap demonstrasi itu tidak lebih dari penugasan tanpa perencanaan yang matang bagi seorang agen pemula FBI.

XS
SM
MD
LG