Tautan-tautan Akses

Fatah, Hamas Siap Umumkan Pemerintah Persatuan Palestina


Presiden Palestina Mahmoud Abbas berbicara dalam sebuah pertemuan kepemimpinan di Ramallah (1/4). (AP/Majdi Mohammed)

Presiden Palestina Mahmoud Abbas berbicara dalam sebuah pertemuan kepemimpinan di Ramallah (1/4). (AP/Majdi Mohammed)

Presiden Mahmoud Abbas memberi jaminan kepada AS bahwa pemerintah Palestina akan tetap mengharamkan kekerasan dan mengakui Israel.

Para pejabat Palestina diperkirakan Senin (2/6) akan mengumumkan pembentukan pemerintah persatuan antara Fatah dan Hamas, dua kelompok yang telah memerintah Tepi Barat dan Gaza secara terpisah selama tujuh tahun terakhir.

Langkah tersebut diambil setelah persetujuan atas kerjasama politik dicapai April.

Amerika Serikat menganggap Hamas organisasi teroris dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengutarakan keprihatinan Minggu kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengenai Hamas yang memegang peranan dalam pemerintahan Palestina.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki mengatakan Abbas memberi jaminan kepada Kerry bahwa pemerintah Palestina akan tetap mengharamkan kekerasan dan mengakui Israel, dan bahwa Kerry mengatakan Amerika akan menilai pemerintah Palestina berdasarkan komposisi, kebijakan dan tindakannya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mendesak para pemimpin dunia agar jangan mengakui pemerintah Palestina, dengan mengatakan Minggu bahwa pengakuan akan memperkuat terorisme karena Hamas menghendaki penghancuran Israel.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG