Tautan-tautan Akses

Facebook Raih 1 Juta Pengiklan Aktif


CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California. (Foto: Dok)

CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California. (Foto: Dok)

Facebook meraih satu juga pengiklan aktif secara global, dengan mayoritas besar adalah pemilik-pemilik usaha kecil.

Facebook Inc mengatakan Selasa (18/6) bahwa perusahaan itu sekarang memiliki satu juga pengiklan aktif secara global yang menggunakan sarana media sosial itu dalam 28 hari terakhir, sebuah tonggak bersejarah bagi perusahaan yang sedang berupaya memperbaiki pertumbuhan pendapatannya.

Mayoritas besar para pengiklan itu adalah pemilik-pemilik usaha kecil yang telah merambah jaringan sosial nomor satu di dunia tersebut.

Para eksekutif Facebook berharap dapat menjaring lebih banyak pengiklan kecil karena 16 juta usaha lokal, mulai dari penjual perhiasan sampai toko pakaian, membuat halaman gratis di jaringan mereka.

Meski menghitung pengeluaran pengiklan kecil di Internet dianggap sulit, secara total mereka mengeluarkan biaya sekitar US$32 miliar pada 2012 di Amerika Serikat, menurut perusahaan riset pemasaran eMarketer.

"Banyak pemilik usaha kecil mulai sebagai pengguna Facebook, kemudian bermigrasi menjadi pemilik halaman (Facebook), dan dari situ bermigrasi lagi menjadi pengiklan,” ujar Dan Levy, direktur usaha kecil di Facebook.

Ia menambahkan bahwa Facebook tidak berencana untuk mulai menarik bayaran dari usaha-usaha yang membuat halaman di media sosial tersebut.

Iklan mencakup 85 persen dari penghasilan Facebook, yang juga termasuk pendapatan dari merk-merk dan agensi periklanan terbesar dunia. Namun perusahaan itu mencoba meningkatkan pertumbuhan iklan menyusul perlambatan yang tajam tahun lalu.

Dalam kuartal yang baru lalu, Facebook melaporkan pendapatan kuartal pertama sebesar $1,46 miliar. Pendapatan iklan naik 43 persen, yang merupakan tingkat pertumbuhan tertinggi sejak akhir 2011.

Facebook menolak menjabarkan berapa pendapatan iklan dari usaha kecil dan tidak mengindikasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai mencapai satu juga pengiklan.

Kim Caulfield, seorang pemilik usaha kecil di Orange County, California yang menjual aksesoris dari rambut ekor kuda, mulai menggunakan Facebook untuk mengiklankan usahanya dan meraih lebih banyak pembeli bagi perusahaannya Tail Spin.

Sekarang ia mengeluarkan sekitar $25 per hari untuk iklan di Facebook yang diarahkan pada penggemar kuda dengan potensi meraih lima juta orang.

Facebook juga menjangkau usaha lokal untuk membantu mereka melewati proses. Pemilik butik pakaian di Dallas, Lucy Huang, mengatakan ia adalah bagian dari program inkubator Facebook untuk membimbing para pemilik usaha dan membantu mereka melewati proses pembelian iklan.

Huang mengatakan ia menghabiskan sekitar $50 per bulan untuk mengiklankan toko-toko ritel Accents di Facebook, dengan menambahkan bahwa biaya itu lebih murah dan lebih efektif dibandingkan di media cetak atau media lain di Internet seperti Yelp.

Lebih dari 50 persen pemilik usaha kecil menggunakan halaman-halaman Facebook untuk mempromosikan produk-produk mereka, namun hanya 16 persen yang menggunakan iklan-iklan Facebook, menurut BIA Kelsey, sebuah perusahaan riset dengan spesialisai untuk iklan lokal. (Reuters/Jennifer Saba)
XS
SM
MD
LG