Tautan-tautan Akses

Facebook Menang di Pengadilan China


Logo Facebook pada sebuah layar komputer (Foto: dok).

Logo Facebook pada sebuah layar komputer (Foto: dok).

Facebook telah memenangkan gugatan merek dagang yang jarang di China atas penggunaan sebuah versi namanya oleh pabrik minuman di China.

Pengadilan Tinggi Rakyat di Beijing memutuskan bahwa Pearl River Drinks tidak diizinkan mendaftarkan merek dagang “face book” dan penggunaannya pada label makanan dan minuman jelas tindakan meniru dan merusak persaingan pasar.

Facebook atau Pearl River Drinks tidak dapat dihubungi untuk memberi tanggapan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan pimpinan lain telah melakukan usaha untuk melobi para pejabat China. Zuckerburg mengadakan pertemuan yang jarang dengan pemimpin propaganda China, yang menunjukkan hubungan yang membaik antara raksasa media social itu dan China.

Walaupun menang di pengadilan, Facebook dan situs-situs asing tetap dihambat masuk ke China oleh apa yang telah terkenal sebagai “Great Firewall” atau Tembok Pemisah yang Besar.

Zuckerberg telah menjadi celebrity di China dengan mengucapkan pidato dalam bahasa Mandarin dan berlari mengarungi asap polusi di Lapangan Tiananamen Beijing.

Keputusan yang dimenangkan Facebook itu dikeluarkan beberapa pekan setelah pengadilan mengambil keputusan yang mengalahkan raksasa teknologi Apple dalam gugatan serupa atas merek iPhonenya. Apple telah mengatakan perusahaan itu akan naik banding ke Mahkamah Tertinggi Rakyat China. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG