Tautan-tautan Akses

Facebook Masih Populer di Kalangan Remaja AS

  • Associated Press

Facebook tidak 'cool' lagi di kalangan remaja? Ternyata penemuan terbaru berkata lain.

Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh para remaja Amerika berusia 13 hingga 17, menurut sebuah studi baru dari Pew Research Center. Dan yang mengejutkan, remaja laki-laki mengunjungi Facebook lebih sering dibandingkan remaja perempuan.

Dengan smartphone dan piranti mobile lainnya, 71 persen remaja AS yang disurvei mengatakan mereka menggunakan Facebook, dengan persentase yang sama menggunakan lebih dari satu media sosial lainnya dari tujuh pilihan dalam survei.

Separuh dari mereka mengatakan mereka juga menggunakan Instagram dan 40 persen menggunakan Snapchat, menurut studi yang dirilis 9 April ini.

Sekitar 22 persen responden yang menggunakan hanya satu situs media sosial, 66 persen di antaranya menggunakan Facebook, 13 persen GooglePlus, 13 persen Instagram dan 3 persen Snapchat.

Pew tidak membandingkan survei terbarunya ini dengan studi-studi sebelumnya mengenai topik ini, karena lembaga ini beralih dari sampel nasional dari wawancara per telepon ke format online, yang membuat perbandingan dari tahun ke tahun menjadi tidak valid.

Kesimpulan dari studi ini, Facebook masih dominan di kalangan remaja Amerika bahkan di tengah melambungnya popularitas media seperti Instagram dan Snapchat.

Facebook digunakan paling sering oleh 41 persen responden, diikuti oleh Instagram dengan 20 persen dan Snapchat 11 persen.

Data Pew juga menunjukkan perbedaan pola penggunaan media sosial antara status sosial ekonomi.

Remaja dari keluarga berpenghasilan kurang dari $50.000 lebih cenderung menggunakan Facebook (49 persen) dibandingkan dengan mereka dari keluarga berpenghasilan $50.000 atau lebih.

Hampir seperempat responden (24 persen) mengatakan mereka selalu online, menurut studi ini, sementara 56 persen mengatakan mereka online beberapa kali sehari dan 12 persen melaporkan hanya mengecek sekali sehari

Di antara 1.060 responden, 33 persen mengatakan mereka menggunakan Twitter dan GooglePlus, sementara 24 persen menggunakan Vine dan 14 persen Tumblr. Hanya enam persen mengatakan mereka paling sering menggunakan Twitter dibanding media sosial lainnya.

XS
SM
MD
LG