Tautan-tautan Akses

Diperkirakan Ungkap Fitur Baru, Facebook Gelar Konferensi F8


Seorang karyawan di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California (foto: ilustrasi).

Konferensi tahunan pengembang Facebook - F8 - dimulai minggu ini di San Jose, California pada saat raksasa jaringan sosial itu semakin banyak menghadapi kompetisi di Amerika dan seluruh dunia.

Pengembang dari Brazil, Perancis, India dan Meksiko bertemu hari Selasa (18/4) dan Rabu dalam F8, mengupayakan alat-alat dan fitur baru untuk produk terbesar Facebook - jejaring sosial unggulan, Instagram, layanan berbagi foto mobile, dan WhatsApp, layanan pesan singkat yang diakuisisi Facebook tahun 2014.

Facebook diharapkan menampilkan fitur baru bagi semua produk utamanya dan merayu pengembang dan pebisnis agar lebih banyak menggunakan jasanya. Eksekutif Facebook biasanya menggunakan acara itu untuk mengungkap fitur baru dan berbicara tentang masa depan perusahaan. Nama konferensi, F8, diambil dari tradisi Facebook selama delapan jam menggelar marathon peretasan.

Sementara ribuan orang diperkirakan datang ke pusat konvensi di pusat kota San Jose, di tempat lain, lebih dari 45 kota di seluruh dunia, pengembang akan bertemu untuk menyimak pidato CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pembukaan Selasa pagi.

Facebook menghadapi dua tantangan, mendapatkan lebih banyak pengguna dan memberi lebih banyak layanan. Dengan 1,9 miliar, pertumbuhan pengguna Facebook mandek. Angka itu lebih dari 20 persen penduduk dunia yang tujuh miliar.

Di Amerika, Kanada dan Eropa, pertumbuhan pengguna mendatar dalam beberapa tahun. Pesaing seperti Snapchat, yang populer bagi remaja dan pemuda usia 20an tahun, baru-baru ini go public.

Tantangan besar Facebook lainnya adalah memberi layanan dan fitur yang lebih bagi pengguna supaya punya lebih banyak waktu siang untuk Facebook, dan melihat lebih banyak iklan. [ka/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG