Tautan-tautan Akses

Exit Poll: Koalisi Berkuasa di Jepang Raih Mayoritas Majelis Tinggi


PM Jepang Shinzo Abe

PM Jepang Shinzo Abe

Survei orang-orang yang baru memberi suara dalam pemilu parlemen Jepang menunjukkan koalisi yang berkuasa Perdana Menteri Shinzo Abe akan meraih mayoritas kursi dalam majelis tinggi yang kurang berkuasa dalam parlemen.

Perkiraan media dari pemilu hari Minggu menunjukkan koalisi mungkin telah memenangkan mayoritas dua pertiga dalam majelis tinggi, walaupun pemilih meragukan kebijakan ekonomi Abe dan sasarannya mencabut pasal yang mengharamkan perang dalam UUD pasca Perang Dunia Kedua negara itu.

Para analis mengatakan kalau Abe merebut dua per tiga dari kursi yang diperebutkan dalam pemilu hari Minggu, ia akan mempunyai peluang yang baik untuk mengubah untuk pertama kalinya UUD yang anti-perang negara itu. Namun, referendum akan dibutuhkan dan banyak warga Jepang masih mendukung sikap pasifis atau mengharamkan perang negara tersebut.

Sebagian warga Jepang setuju dengan Abe bahwa perubahan UUD dibutuhkan karena kekhawatiran yang meningkat akan terorisme, serta keprihatinan akan nuklir Korea Utara dan keagresifan militer China. [gp]

XS
SM
MD
LG