Tautan-tautan Akses

Evakuasi Palang Merah di Kota Homs, Suriah Tertahan


Kekerasan yang berkecamuk di kota Homs, Suriah, menghalangi upaya evakuasi warga sipil Kamis (21/6).

Kekerasan yang berkecamuk di kota Homs, Suriah, menghalangi upaya evakuasi warga sipil Kamis (21/6).

ICRC hari Kamis mengatakan kekerasan telah menghentikan upaya mereka untuk mengevakuasi warga sipil yang terluka dari kota Homs, di mana perang berkecamuk.

Juru bicara Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Rabab al-Rifai mengatakan timnya berusaha memasuki lingkungan Hamidiya yang terkena gempuran parah, tetapi mereka harus kembali karena mendengar suara-suara penembakan di dekatnya. Dia mengatakan anggota tim berusaha mengadakan kembali lagi dengan semua pihak - pemerintah dan oposisi. Juru bicara itu mengatakan, timnya akan berusaha kembali ke Hamidiya.

ICRC hari Rabu mengumumkan pihaknya siap untuk memindahkan warga yang terjebak dan terluka dari Homs. Dikatakan pasukan oposisi dan pasukan pemerintah menyetujui gencatan senjata sementara supaya kelompok itu dapat melakukan evakuasi dan mengirim obat-obatan yang sangat dibutuhkan.

Namun, penduduk dan aktivis Suriah mengatakan dua orang tewas ketika pasukan pemerintah membombardir kota itu pada Kamis.

Sementara itu, Yordania telah memberikan suaka politik kepada pilot Suriah, Kolonel Hassan al-Hamade, yang menerbangkan jet tempur buatan Rusia MiG-21 ke negara itu hari Kamis, selagi mengikuti misi pelatihan. Pemerintah Suriah menyebut pilot itu "pembelot dan pengkhianat" dan menghubungi pemerintah Yordania untuk berusaha mengambil pesawat itu.
XS
SM
MD
LG