Tautan-tautan Akses

Ethiopia Perbesar Peluang Lolos PD 2014 di Brazil


Para pendukung timnas Ethiopia dalam pertandingan Piala Afrika (foto: dok). Ethiopia memimpin grup A kualifikasi PD 2014 zona Afrika.

Para pendukung timnas Ethiopia dalam pertandingan Piala Afrika (foto: dok). Ethiopia memimpin grup A kualifikasi PD 2014 zona Afrika.

Peluang Ethiopia untuk lolos ke Piala Dunia 2014 di Brazil sedikit cerah hari Minggu setelah mengalahklan Botswana 1-0 dalam kualifikasi.

Peluang Ethiopia ikut dalam final Piala Dunia 2014 di Brazil sedikit cerah hari Minggu setelah mengalahklan Botswana 1-0 dalam pertandingan kualifikasi zona Afrika untuk Grup A. Dari 3 pertandingan yang sudah dilakukan, Ethiopia memimpin grup A dengan nilai 7 dari hasil 2 kali menang dan sekali seri, disusul Afrika Selatan dengan nilai 5, Republik Afrika Tengah dengan nilai 3 dan Botswana di uruan terbawah dengan nilai 1, masing-masing dari hasil tiga kali bermain.

Pada hari sama juga dalam pertandingan kualifikasi grup lainnya, Losotho draw 1-1 lawan Zambia; Tanzania mengalahkan Maroko 3-1; Mali menyisihkan Rwanda 2-1; Congo, Libya, Mozambique dan Guinea bermain sama kuat atau draw.

Empat negara Pantai Gading, Kamerun, Senegal dan Tunisia dalam kedudukan baik untuk lolos kualifikasi setelah pertandingan mereka hari Sabtu. Hanya juara Afrika, Nigeria yang terpukul karena hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Kenya.

Sementara itu, dalam kualifikasi Piala Dunia Jumat malam di Denver Amerika mengalahkan Kosta Rika 1-0 dalam satu pertandingan yang bakal diingat sebagai salah satu pertandingan besar sepakbola di Amerika. Bukan karena taktik atau teknik permainan kedua kesebelasan melainkan kondisi cuaca.

Pertandingan berlangsung di bawah badai salju sampai-sampai dibutuhkan mesin-pembersih dan skop untuk membersihkan salju dari lapangan. Bola yang dipakai berwarna kuning dan ungu.

Pada babak kedua pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto meminta wasit Joel Aguilar untuk menghentikan pertandingan sebab memandangnya sebagai penghinaan terhadap Kosta Rika dan pendukungnya yang datang ke Amerika.

Wakil ketua Federasi Sepakbola Kosta Rika, Jorge Hidalgo meyakinkan kesebelasannya bahwa pihaknya akan mengajukan protes kepada FIFA. Amerika maju selangkah dan selanjutnya akan menghadapi Meksiko.
XS
SM
MD
LG