Tautan-tautan Akses

Estonia Panggil Duta Besar Rusia Terkait Penculikan di Perbatasan


Presiden Estonia Toomas Hendrik (kanan)

Presiden Estonia Toomas Hendrik (kanan)

Estonia telah memanggil duta besar Rusia sehubungan apa yang oleh pemerintah di Tallinn dituduhkan sebagai penculikan lintas perbatasan terhadap seorang petugas intelijen Estonia yang saat itu beroperasi di sisi Estonia dari perbatasan dengan Rusia.

Kementerian Luar Negeri Estonia mengatakan petugas keamanan itu diciduk Jumat oleh orang bersenjata tak dikenal dan dibawa ke dalam wilayah Rusia. Moskow mengatakan orang itu beroperasi di sisi Rusia dari perbatasan dan dicurigai melakukan pekerjaan mata-mata.

Insiden ini berlangsung saat ketegangan meningkat antara Moskow dan NATO, yang termasuk negara-negara Baltik Latvia, Lithuania dan Estonia.

Ketegangan ini yang berasal dari peran Rusia dalam krisis di Ukraina, semakin meningkat minggu ini ketika Presiden Amerika Barak Obama melawat ke ibukota Estonia untuk memberi jaminan kepada pemimpin-pemimpin negara NATO bahwa mereka akan memperoleh perlindungan dari setiap ancaman Rusia.

Badan Keamanan Internal Estonia menggambarkan petugas yang diculik itu sebagai seorang pakar anti-terorisme yang sedang menyelidiki kejahatan lintas perbatasan ketika ia diciduk dibawah todongan senjata.

Badan Keamanan Federal Rusia mengatakan petugas itu bersenjata dan ditemukan lebih dari 6.000 dolar dan alat-alat rekaman serta bahan pengumpulan intelijen lainnya ketika ditahan.

XS
SM
MD
LG